Merendam Kaki di Air Hangat Bisa Mengatasi Pegal-Pegal?

DokterSehat.Com– Karena padatnya aktifitas sehari-hari, badan kita menjadi terasa pegal-pegal dan tidak karuan. Untuk menangani hal ini, kita bisa saja menggunakan minyak atau salep yang bisa meredakan rasa nyeri. Selain itu, kita juga bisa menggunakan terapi alternatif berupa merendam kaki di air hangat. Sebenarnya, apakah merendam kaki di air hangat memang bisa meredakan pegal-pegal?

doktersehat-rendam-kaki-dengan-garam

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tubuh yang terasa pegal-pegal disebabkan oleh menumpuknya asam laktat di otot. Hal ini terjadi karena penggunaan otot yang berlebihan. Sebagai informasi, otot membutuhkan energi yang cukup banyak agar bisa melakukan kontraksi dan bergerak. Untuk mendapatkan energi ini, glikogen atau cadangan gula dalam otot pun harus dipecah. Jika kondisi dalam otot kekurangan oksigen, maka proses pemecahan gula ini bisa memproduksi asam laktat.

Kebanyakan orang menganggap merendam kaki di air hangat bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga meredakan pegal-pegal. Selain itu, sirkulasi darah yang lancar ini dianggap mampu melarutkan asam laktat dan membantu proses pembuangannya dari dalam tubuh. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, teori ini belum terbukti sama sekali. Meskipun begitu, merendam kaki di dalam air hangat memang bisa menurunkan rasa nyeri sekaligus memberikan rasa nyaman pada tubuh.

Dr. Bruce Becker dari National Aquatics and Sports Medicine Institute yang ada di Washington State University menyebutkan bahwa meskipun tidak akan menurunkan kadar asam laktat, berendam air hangat memang bisa menurunkan rasa nyeri pada persendian dan otot. Selain itu, hal ini juga bisa menurunkan peradangan dan pembengkakan pada tubuh. Hanya saja, dr. Becker menyarankan kita untuk menggunakan air dengan suhu sekitar 33 hingga 37 derajat celcius saja karena jika lebih panas, dikhawatirkan akan membuat kulit terbakar. Selain itu, kita juga bisa menambahkan garam yang kaya akan magnesium sulfat pada air hangat. Dengan merendam kaki di dalam air hangat dan garam ini selama 20 menit, nyeri otot ataupun memar pun akan lebih cepat mereda.