Meremas Payudara Bisa Mencegah Kanker?

Doktersehat.com – Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang sangat dikhawatirkan wanita. Untuk mendeteksi sel kanker sejak dini disarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Dengan meraba payudara sendiri diharapkan Anda lebih mengetahui ada atau tidaknya benjolan yang mencurigakan di bagian payudara.

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Berilah tekanan sedikit saat meraba payudara bahkan kini sebuah riset menyatakan bahwa meremas payudara dapat menghambat pertumbuhan kanker.

Meremas payudara dengan lembut dapat mencegah tumbuhnya sel-sel ganas di payudara menjadi sel kanker. Hasil pengujian di laboratorium menemukan bahwa sel-sel tersebut tumbuh kembali ke pola yang normal setelah diremas.

Hal ini menguatkan bahwa memang butuh tenaga untuk bisa mempengaruhi pertumbuhan manusia. Misalnya saja angkat beban bisa membuat otot membesar, sementara tenaga dalam bentuk gaya gravitasi kadang bisa mempengaruhi kekuatan otot.

Seorang pemimpin riset, Gautham Venugopalan mengatakan sejak berabad-abad sudah diketahui bahwa kekuatan fisik dapat mempengaruhi tubuh.

Kaitannya dengan sel kanker, saat meremas tenaga yang dikeluarkan dapat menyehatkan kembali sel-sel ganas. Tanpa tenaga dari luar, lama kelamaan pertumbuhan sel-sel keganasan akan berkembang menjadi sel kanker yang mematikan.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan mengumpamakan bahwa sebenarnya sel-sel keganasan tidak sungguh-sunguh lupa bagaimana cara untuk tumbuh sebagai sel sehat. Melalui tenaga saat meremas, maka sel-sel tersebut seolah diingatkan untuk kembali ke jalan yang benar.

Walaupun demikian, meremas payudara tidak serta merta dapat menjadi terapi kanker payudara karena temuan ini hanya merupakan harapan baru untuk mempelajari pertumbuhan sel kanker dan diharapkan dapat digunakan sebagai metode  penyembuhan.