Suka Emosi? Atasi dengan Makanan Sehat ini

doktersehat mengendalikan emosi
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Emosi atau amarah merupakan sifat dan karakter yang buruk. Sebab, dengan mudah emosi, hubungan sosial antar sesama pun bisa terbengkalai. Bagaimanapun juga, seseorang tidak bisa hidup seorang diri dan membutuhkan orang lain, sesuai dengan statusnya sebagai makhluk sosial.

Sayangnya, sifat pemarah seringkali penyebab retaknya hubungan sosial antar sesama manusia. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki sifat pemarah atau mudah emosi, alangkah baiknya merubah sifat kurang terpuji tersebut secara perlahan.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah karakter tersebut, misalnya melakukan terapi serta menjaga pola makan. Ya, menjaga pola makan ternyata juga bisa mengatur emosional. Dilansir dari laman Cosmopolitan, ada beberapa makanan yang dipercaya ampuh dalam mengatasi amarah, salah satunya adalah cokelat.

Makanan ini memang sangat terkenal dengan sifat anti depresan yang dimilikinya. Namun, efek tersebut hanya sementara, alias tidak bertahan lama. Lalu bagaimana agar amarah bisa diredam dalam waktu lama? Caranya mudah, Anda hanya perlu mengonsumsi brokoli secara rutin.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuan dari Universitas Massachusetts, menemukan hasil bahwa brokoli sangat ampuh dalam mengatasi sifat pemarah. Hal itu dikarenakan brokoli sangat kaya akan zat besi. Selain itu, zat besi pada brokoli dipercaya bisa meningkatkan jumlah serotonin di dalam tubuh. Seperti diketahui, serotonin merupakan hormon yang bisa memicu rasa tenang, nyaman, rileks, serta bahagia pada seseorang.

Bila serotonin berkurang jumlahnya, maka seseorang cenderung menjadi pemarah. Hal ini biasa dialami oleh wanita yang sedang haid. Sebab, ketika haid hormon menjadi tidak stabil, termasuk hormon serotonin. Akibatnya wanita yang sedang haid menjadi lebih sensitif dan mudah marah.

Maka dari itu, dianjurkan agar rutin mengonsumsi brokoli. Selain menyehatkan bagi kesehatan mental, brokoli pun baik dalam menjaga kebuagaran sehingga terbilang aman dan baik bila dikonsumsi secara rutin.