Merawat Kulit Disekitar Mata

DokterSehat.com – Bagi wanita penampilan itu salah satu hal yang sangat penting. Salah satunya adalah pada wajah, wanita selalu menuntut dirinya untuk selalu tampil cantik dimanapun dia berada. Tapi sayang sebagian besar dari mereka terlalu sibuk dengan tugas-tugas kuliah dan berbagai aktivitas organisasi sehingga mereka tidak mempunyai waktu yang cukup untuk merawat dirinya sendiri. Akibatnya muncul tanda-tanda penuaan di wajah, diantaranya adalah mata yang berkantung, kerutan halus di bawah mata, mata yang turun dan lain-lain.



Kurangnya waktu untuk merawat kulit wajah itulah yang menjadi penyebab adanya masalah-masalah di seputar mata, masalah kulit di seputar mata sebenarnya berawal dari noda kecil yang tidak terawat. Kulit di sekitar mata adalah area yang sangat sensitif, Kantung mata di bawah kelopak yang semulanya tidak begitu terlihat, jika tidak segera diatasi lama-lama akan makin jelas terlihat.

Sebelum membahas lebih panjang mengenai perawatan kesehatan kulit sekitar mata, kenali penyebab-penyebab masalah tersebut:

1. Faktor Genetik
Masalah seperti lingkaran gelap di bawah mata biasanya bisa timbul karena faktor keturunan, dan bisa juga karena Anda memiliki kulit yang sangat tipis di sekitar mata Anda.

2. Faktor Usia
Faktor usia juga merupakan salah satu penyebab utama penuaan dan juga pengeringan kulit di bawah mata.

3. Kurang Tidur
Tidur yang cukup, antara 6 – 8 jam sehari supaya mata Anda menjadi lebih segar.

4. Kurang Cairan (Dehidrasi)
Kurangnya cairan bisa membuat kulit lebih kering dan rapuh, hal ini berpengaruh terhadap kulit di sekitar mata. Dimana kulit di sekitar mata dapat menjadi kendur, di usahakanlah paling tidak minum 2 liter air sehari.

5. Gizi Yang Tidak Seimbang

Baca Juga:  Apakah Kekenduran Buah Zakar Adalah Sebuah Penyakit?

Setelah Anda tahu masalah apa saja yang bisa timbul di area sekitar mata dan penyebabnya, maka Anda dapat lebih mudah untuk merawat kesehatan di dekat area sekitar mata Anda. Maka berikut ini ada beberapa cara alami untuk merawat kulit didekat area mata :

1. Gunakan Kantong teh
Caranya tempelkan kantong teh di atas mata dan diamkan selama lebih kurang 10 menit. Komponen yang ditemukan dalam daun teh terbukti sangat membantu dalam mengurangi lingkaran hitam.

2. Air mawar
Air mawar bisa menghilangkan daerah hitam di sekitar mata Anda. Caranya basahi kapas dengan air mawar dan pijat secara halus di bagian bawah mata sekitar 5 menit. Lakukan selama 2 sampai 3 minggu.

3. Ketimun
Efektif untuk menghilangkan daerah hitam dibawah mata. Caranya Iris tipis ketimun dan tempalkan di atas mata tertutup, diamkan selama 15-20 menit. Di lakukan 2 kali sehari.

4. Campuran madu dengan minyak Almond.

5. Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil)
Minyak kelapa murni dapat membantu kelembapan di daerah sekitar mata sehingga dapat mengurangi noda hitam dan garis-garis halus.

Selain dengan menggunakan cara alami untuk merawat kesehatan kulit di sekitar mata, Anda juga dapat menggunakan cara-cara medis, seperti penggunaan krim Vitamin K pada kulit. Menggunakan krim Vitamin K pada kulit dapat membantu Anda mengurangi bintik-bintik cokelat dan memperbaiki tekstur kulit sehingga menjadi sangat halus dan lembut, mengurangi mata keriput, mata bengkak dan lingkaran di bawah mata. Vitamin K sendiri bisa Anda jumpai pada sayuran hijau, selada, bayam, endive, brokoli, kubis brussel, kol, kacang kedelai kering, kacang, minyak sayur, ayam, kuning telur, mentega dan klorofil.