Cara Merawat Kulit Bayi

DokterSehat.Com – Jika kita menyentuh kulit bayi, maka kita akan merasakan kulit yang berbeda jika dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi cenderung jauh lebih lembut dan lebih halus. Selain itu, kulit bayi juga cenderung lebih sensitif sehingga tentu tidak bisa dirawat sebagaimana kita merawat kulit orang dewasa. Sebagai contoh, sabun mandi untuk orang dewasa jelas tidak akan cocok untuk kulit bayi sehingga kita perlu memakai sabun yang khusus diperuntukkan untuk kulit bayi. Berikut adalah beberapa cara tepat merawat kulit bayi.

shutterstock_236645896 copy

Untuk mendapatkan kulit bayi yang lembut dan sehat, maka kita tentu harus memperhatikan kegiatan mandi sang bayi. Ada baiknya kita menggunakan air hangat agar bayi tidak kedinginan dan sakit karena mandi. Namun, perhatikan pula suhu air tersebut. Jangan gunakan air yang terlalu panas karena kulit bayi yang sensitif tentu bisa mudah mengalami kering atau gatal-gatal. Air hangat dan sabun khusus bayi akan membuat tubuh bayi bersih dari kotoran. Saat memandikan bayi, bersihkan dan usap semua bagian kulit bayi hingga bersih sehingga semua kotoran bisa dibersihkan.

Setelah dimandikan, bayi biasanya akan diberi produk minyak penghangat atau juga bedak. Kita harus berhati-hati dalam memberikan kedua produk tersebut mengingat banyak produk perawatan bayi yang terbuat dari bahan kimia yang tidak sesuai dengan kulit bayi. Gunakan bedak atau minyak penghangat yang sudah memiliki reputasi yang baik dalam merawat kulit bayi. Selain itu, perhatikan pula apa yang dikenakan oleh anak. Kulit anak yang sensitif tentu harus diimbangi dengan pakaian yang berbahan lembut dan nyaman untuk digunakan. Pastikan pula pakaian tersebut menyerap keringat dengan baik sehingga bayi tidak akan terkena masalah gatal-gatal. Jangan ragu untuk mengganti pakaian bayi cukup sering agar kondisi kulit bayi tetap terjaga.

Baca Juga:  Anak Kecil Juga Rentan Mengalami Masalah Gigi

Banyak orang tua yang asal memakaikan pakaian bayi agar bayi merasa hangat, padahal, suhu udara sedang sangat panas. Bayi yang memakai pakaian terlalu banyak bisa jadi akan berkeringat dan mendapatkan masalah kulit kemerahan dan gatal-gatal. Sesuaikan pakaian bayi dengan suhu udara mengingat bayi akan rewel jika merasa gerah. Sebaliknya, jika suhu cukup dingin, maka kita pun harus memakaikan pakaian yang tebal agar bayi tidak kedinginan dan mendapatkan penyakit.