Merasa Melihat Hantu? Bisa Jadi Penglihatan Anda yang Bermasalah

DokterSehat.Com – Masih banyak orang yang mempercayai hal mistis layaknya adanya penampakan atau hantu. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. David Allamby, seorang ahli bedah laser mata yang berasal dari London’s Focus Clinic, sepertinya bisa menjelaskan mengapa kita bisa melihat penampakan yang menakutkan tersebut. Alih-alih berkaitan dengan hal mistis, dr. Allamby justru menyebutkan jika mereka yang melihat hantu bisa jadi sedang mengalami masalah penglihatan.

doktersehat-fobia-takut

Menurut dr. Allamby, mereka yang pernah melihat hantu bisa jadi sedang mengalami sindrom langka. Hal ini didasari oleh fakta dimana para penderita degenerasi muskular, penyakit yang bisa memicu kebutaan, biasanya juga menderita masalah kehilangan penglihatan tepi. Selain itu, ada pula masalah kesehatan yang disebut sebagai Charles Bonnet Syndrome (CBS). Sindrom yang disebut terakhir ini bisa dijelaskan sebagai munculnya penampakan atau halusinasi yang aneh, yang oleh banyak orang dianggap sebagai pengalaman mistis. Padahal, hal ini hanyalah tanda adanya masalah pada penglihatan.

Tak hanya degenerasi muscular, beberapa masalah kesehatan mata lain layaknya glaucoma atau katarak juga bisa membuat penderitanya kehilangan penglihatan tepi sehingga bisa memicu munculnya hantu, alien, atau peri. Saat pandangan kurang jelas, maka informasi yang diterima otak pun tidak lengkap dan otak pun mencoba untuk melengkapi ketidakjelasan tersebut. Sayang, usaha otak untuk mengisi hal yang kurang ini pada akhirnya memunculkan halusinasi yang mirip layaknya penampakan hantu.

Hampir separuh dari penderita degenerasi muscular pernah mengalami halusinasi, baik itu berupa munculnya bentuk berpola dan berwarna, hingga sesuatu yang sangat mendetail layaknya mahluk hidup. Sayangnya, banyak orang yang menganggap hal ini sebagai penampakan sehingga tidak akan memeriksakan kondisi penglihatannya. Selain itu, banyak lansia yang mengalami kondisi penurunan penglihatan sehingga kerap memunculkan halusinasi layaknya hantu namun mereka juga memilih untuk tidak memeriksakan kondisi kesehatan matanya karena tidak ingin dianggap sebagai penderita demensia.

Baca Juga:  Tak Hanya Wortel, Makanan Ini Juga Bisa Membuat Mata Lebih Sehat

Dengan adanya fakta-fakta ini, jika anda merasa melihat hantu, cobalah untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan mata anda alih-alih mengunjungi ahli supranatural untuk membantu anda.