Merapel/ Mengganti Waktu Tidur Tidak Akan Ada Gunanya

DokterSehat.Com – Bagi beberapa orang yang kekurangan waktu tidur karena kebutuhan begadang, bangun lebih siang atau tidur lebih lama di akhir pekan dianggap bisa mengganti kurangnya waktu tidur. Memang, dengan tidur lebih siang atau bermalas-malasan sepanjang akhir pekan kita akan merasa badan kita menjadi lebih nyaman dan mendapatkan istirahat yang cukup. Namun, apakah memang benar waktu tidur bisa dirapel atau diganti?

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Seorang pakar kesehatan dari RS Medistra bernama dr Rimawati Tedjakusuma menyatakan pendapat yang sangat berbeda dari kepercayaan tersebut. Beliau berkata bahwa merapel atau mengganti waktu tidur ternyata tidak akan ada gunanya dan bahkan bagi mereka yang menderita insomnia, hal ini justru bisa memperburuk penyakit ini. Mereka yang tidur sangat larut akan tetap kekurangan waktu tidur dan mendapatkan efek buruk bagi kesehatan tubuhnya. Sebagai contoh, jika seseorang idealnya mendapatkan waktu tidur 8 jam dalam sehari namun hanya mampu tidur 4 jam, maka dalam seminggu Ia bisa kehilangan waktu tidur hingga 20 jam! Kita tentu tidak akan mungkin bisa tertidur dalam waktu yang selama itu di akhir pekan untuk mengganti kekurangan waktu tidur bukan?

Pakar kesehatan berkata jika tubuh akan bisa memulihkan dampak buruk dari kekurangan waktu tidur secara bertahap, yakni setidaknya tiga hari berturut-turut, namun syaratnya adalah kita bisa mengembalikan waktu tidur menjadi normal kembali. Hanya saja, jika kita kemudian mengembalikan kebiasaan buruk kurang waktu tidur, maka tubuh pun tetap akan mengalami kerusakan sehingga beresiko mendapatkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Jangan korbankan waktu anda yang berharga untuk beristirahat. Meskipun anda memiliki begitu banyak pekerjaan yang harus anda selesaikan, anda haruslah tetap menjaga waktu tidur anda sehingga tetap akan cukup. Andaipun anda memiliki waktu bersantai saat pagi, pakar kesehatan juga berkata jika satu jam adalah batas maksimal kelebihan waktu tidur karena jika melebihi jam tersebut, anda justru akan kesulitan mengatur ritme sirkadian untuk tidur dan beresiko kesulitan untuk tidur di malam hari.