Kasihan, Atlet Peraih Medali Olimpiade Ini Sakit Mental

DokterSehat.Com– Kim Bo Reum, atlet speed skating dari Korea Selatan yang baru saja berlaga di Olimpiade Musim Dingin beberapa saat lalu masuk ke rumah sakit karena mengalami gangguan kecemasan setelah mendapatkan kecaman dari warga Korea Selatan akibat komentarnya sendiri.

Photo Source: AP/ John Locher

Dikutip dari Yahoo, Kim berlaga di beberapa nomor olahraga skating, salah satunya adalah Women’s 500 m Team Pursuit. Kim bertanding bersama dengan rekannya, Park Ji Woo dan Noh Seon Yeong. Mereka bertanding sangat baik, namun, Noh terjatuh sehingga waktu total dari tim tersebut kalah dari tim negara lainnya.

Dalam sebuah wawancara, Kim menyuarakan kekecewaannya pada rekannya yang terjatuh tersebut, Noh yang terlihat menangis karena kesalahannya pun semakin bersedih karena rekannya juga menyalahkannya.

Bukannya mendapatkan simpati, komentar Kim justru mendapatkan kecaman dari warga Korea Selatan. Bahkan, lebih dari 600 ribu orang menandatangani petisi yang meminta pemerintah mengeluarkan Kim dan Park dari tim nasional karena dianggap merusak keharmonisan.

Mengingat Korea Selatan dikenal sebagai negara dengan masalah perundungan yang sangat parah, Komentar Kim juga dianggap sebagai salah satu tindakan perundungan sehingga mendapatkan kecaman hebat. Meskipun Olimpade sudah usai, rasa cemas akan kecaman warga masih dirasakan oleh Kim dan membuatnya takut untuk pergi ke luar rumah.  Ibunda Kim juga mengalami stres parah akibat hal ini.

Atlet yang masih berusia 25 tahun ini sebenarnya memenangkan medali perak di nomor lainnya. Saat menerima medali, Kim yang terlihat tidak bahagia bahkan sampai bersujud di depan penonton sebagai perwujudan dari permintaan maaf atas komentarnya sebelumnya. Namun, publik sudah terlanjur marah. Sebagian warga bahkan sampai meminta pemerintah melucuti medalinya.

Speed Skating termasuk dalam olahraga yang terkenal di Korea Selatan. Di Olimpiade Musim Dingin terakhir, cabang olahraga ini menyumbang 13 dari total 17 medali yang didapatkan negara tersebut.

Sobat Sehat sebaiknya berhati-hati saat berkata pada orang lain agar tidak menyakiti hatinya, ya?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik