Menyusui Ternyata Bisa Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Telah banyak penelitian yang menyebutkan manfaat dari menyusui, baik itu bagi bayi ataupun bagi ibu. Sebagai contoh, menyusui bisa membuat perkembangan fisik dan mental bayi menjadi maksimal. Tak hanya itu, menyusui juga bisa membuat ibu mencegah kanker dengan lebih baik. Namun, dalam sebuah penelitian terbaru yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of American Heart Association, disebutkan bahwa menyusui ternyata bisa mencegah datangnya stroke dan penyakit jantung.

doktersehat-asi-ibu-menyusui

Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, Zhengming Chen, menyebutkan bahwa menyusui ternyata bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke pada ibu hingga 10 persen. Fakta ini didapatkan setelah Chen dan rekan-rekannya menganalisa data dari 289.500 wanita yang berasal dari China. Para wanita ini memiliki usia rata-rata 51 tahun. Sebagian besar dari para partisipan ini sudah menjadi ibu dan tidak pernah terkena penyakit jantung.

Chen dan rekan-rekannya kemudian menganalisa para partisipan ini selama delapan tahun dan menemukan adanya 16.671 kasus penyakit jantung dan 23 ribu kasus serangan stroke pada para wanita tersebut. Setelah dianalisa semua datanya, diketahui bahwa wanita yang saat memiliki bayi memilih atau memiliki kesempatan untuk menyusui buah hatinya cenderung memiliki resiko lebih rendah terkena stroke atau penyakit jantung jika dibandingkan dengan para wanita yang tidak menyusui bayinya.

Sanne Peters, pakar kesehatan lainnya yang juga dilibatkan dalam penelitian ini, menyebutkan bahwa menyusui memang bisa mempengaruhi metabolisme pada tubuh ibu. Sebagai informasi, saat hamil, metabolisme tubuh wanita akan membuatnya cenderung lebih banyak menyimpan lemak demi mendukung perkembangan dan keamanan janin di dalam kandungan. Setelah melahirkan, aktifitas menyusui ternyata bisa membuang tumpukan lemak yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh tersebut. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika tumpukan lemak adalah salah satu penyebab meningkatnya resiko serangan stroke dan penyakit jantung.