Menyusui Mampu Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com – Penurunan berat badan bisa dialami oleh ibu yang sedang menyusui mengingat secara logika banyak asupan makanan yang dikonsumsi ibu akan diserap oleh bayi melalui ASI. Hanya saja, tidak semua ibu menyusui ternyata mengalami penurunan berat badan. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penyebab ibu menyusui bisa mengalami penurunan berat badan sebagaimana penjelasan berikut ini.

doktersehat-asi-ibu-menyusui

Ibu menyusui akan memberikan ASI ekslusif kepada bayinya hingga di usia enam bulan pertama dan akan berlanjut hingga bayi berusia dua tahun. Pada umumnya ibu yang sedang menyusui dapat mengalami penurunan berat badan secara alami sebesar 0,6 hingga 0,8 kg per bulan. Penurunan berat badan ini tidak terjadi begitu saja, penurunan berat badan alami akan terjadi di saat menyusui eksklusif dengan manajemen laktasi yang tepat. Tak hanya di enam bulan menyusui eksklusif saja, penurunan berat badan juga bisa tetap dialami setelahnya, meski dengan percepatan yang lebih rendah jika dibanding dengan enam bulan pertama menyusui.

Selain faktor menajemen laktasi yang tepat, penurunan berat badan alami pada ibu menyusui terjadi karena beberapa faktor. Dimulai dengan menyusui yang benar, serta pengaturan asupan kalori setiap harinya sesuai dengan kebutuhan ibu menyusui. Seorang ibu menyusui membutuhkan asupan rata-rata 2.700 kcal per hari. Jumlah ini tentunya lebih besar dibanding kebutuhan wanita produktif setiap harinya, yaitu 2.100 kcal. Adanya tambahan sebesar 500 hingga 700 kcal dibutuhkan untuk biosintesis ASI. Faktor lainnya adalah aktivitas tubuh yang memadai serta berat badan yang ideal saat hamil.

Namun hal yang berbeda akan terjadi pada ibu menyusui yang telah mengalami obesitas atau overweight sebelum masa kehamilannya. Mereka justru memiliki kecenderungan berat badan yang bertambah ketika menyusui. Karena itulah penambahan berat badan yang dialami jangan sampai terlalu besar.