Cara Menyingkirkan Kutil dengan Mudah Secara Alami

menyingkirkan-kutil-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/Buenosia Carol

DokterSehat.Com– Kutil merupakan salah satu kondisi di mana terdapat daging tumbuh pada permukaan kulit. Biasanya, kutil disebabkan oleh infeksi virus Human Papillomavirus atau yang juga dikenal dengan HPV. Virus satu ini akan menginfeksi lapisan permukaan kulit sehingga muncullah kutil.

Sebagai tambahan informasi, proses tertularnya kutil sendiri ternyata dapat disebabkan dari luka terbuka yang terserang virus HIV atau pun kebiasaan Anda yang menyentuh secara langsung penderita kutil. Tentu saja kemunculan kutil ini membuat penampilan kurang menarik. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menghilangkannya dengan sejumlah cara berikut.

1. Aplikasikan Buah Nanas

Dilansir dari situs Annmarie Gianni, salah satu cara menyingkirkan kutil secara alami adalah dengan mengaplikasikan buah nanas. Buah satu ini mengandung enzim yang dapat membasmi virus HIV dan menjadikan ukuran kutil menyusut. Tidak hanya itu saja, buah nanas juga mengandung asam yang ampuh mengurangi ukuran kutil secara alami.

2. Bawang Putih

Selain nanas, Anda juga dapat mengaplikasikan bawang putih yang telah ditumbuk dan dicampur dengan sedikit air. Oleskan ramuan tersebut pada kulit yang berkutil dan tutupi dengan perban. Kandungan bahan aktif di dalam bawang putih akan membasmi virus sekaligus menghentikan proses tumbuhnya daging penyebab kutil.

3. Vitamin C

Selain dua bahan di atas, Anda juga dapat menggunakan suplemen vitamin C. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang ampuh meningkatkan sistem imunitas tubuh, tidak terkecuali dengan sel kulit. Kutil yang disebabkan oleh infeksi virus HIV ini akan menyusut lantaran virus HIV berhasil dikalahkan oleh kandungan vitamin C. Selain itu, penggunaan vitamin C juga membantu mempercepat proses penyembuhan kulit.

Bagi Anda yang memiliki kutil, jangan biarkan kondisi satu ini. Pasalnya, kutil akan terus tumbuh dan berisiko menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengatasinya dengan sejumlah cara alami seperti di atas. Kendati demikian, aplikasikan secara rutin agar mendapat hasil yang optimal.