Menyikat Gigi Setelah Makan Pempek Bisa Menyebabkan Gigi Sensitif

DokterSehat.Com – Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, ada baiknya kita rutin menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari, yakni setelah makan dan sebelum tidur. Tak hanya itu, ada baiknya kita juga berhati-hati dalam memilih makanan apa saja yang yang kita konsumsi, apalagi jika kita memiliki masalah gigi sensitif.

doktersehat-sikat-gigi

Sebagai informasi, gigi sensitif adalah salah satu masalah kesehatan gigi yang ditandai dengan munculnya rasa ngilu secara tiba-tiba. Seringkali, rasa ngilu ini muncul saat kita mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu, khususnya saat kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas atau dingin. Andai hal ini terjadi, kita pun tak akan lagi bisa menikmati makanan atau minuman tersebut.

Beberapa jenis makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari oleh mereka yang memiliki masalah gigi sensitif adalah minuman bersoda, buah-buahan berjenis sitrus, yoghurt, atau minuman wine. Makanan dan minuman tersebut ternyata bisa menyebabkan erosi pada email gigi. Selain itu, andai kita memiliki gigi sensitif, ada baiknya kita juga harus lebih berhati-hati saat mengkonsumsi pempek, makanan yang memiliki rasa asam dan manis namun sangat digemari oleh banyak orang di Indonesia.

Menurut pakar kesehatan gigi Diatri Nari Ratih, ada baiknya kita tidak langsung menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan khas Sumatera Selatan tersebut. Ada baiknya kita menunggu setengah jam atau satu jam setelah mengkonsumsi pempek dan baru menyikat gigi kita. Dengan memberikan jeda waktu tersebut, maka kita memberi kesempatan bagi air ludah untuk menetralisir asam dari pempek sehingga tidak akan menyebabkan masalah erosi pada email gigi yang bisa memicu gigi sensitif.

Untuk mencegah masalah kesehatan gigi ini atau merawat kondisi gigi sensitif, ada baiknya kita tidak memilih sikat gigi dengan bulu yang keras dan kasar. Pilihlah sikat dengan gigi yang lembut dan aman bagi kondisi gigi sensitif. Selain itu, saat menyikat gigi, ada baiknya kita tidak melakukannya terlalu keras untuk mencegah munculnya masalah kesehatan gigi tersebut.