Menyikat Gigi Langsung Setelah Makan, Apakah Benar?

DokterSehat.Com – Kapankah waktu terbaik untuk membersihkan gigi kita? Kita tentu kerap mendengar anjuran dari pakar kesehatan dimana sebelum tidur dan sehabis makan adalah waktu paling ideal untuk membersihkan gigi. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul. Apakah aman jika kita sesegera mungkin menyikat gigi persis setelah kita selesai makan? Banyak pihak yang berkata jika kita langsung menyikat gigi setelah makan, maka gigi kita pun akan beresiko mengalami kerusakan.

doktersehat-sikat-gigi-kotor-kuman-kamar-mandi

Jika kita termasuk orang yang cukup rajin segera menyikat gigi setelah makan, yang berarti minimal kita akan melakukan penyikatan gigi 3 kali sehari setelah makan dan sekali lagi sebelum tidur, maka kita pun cukup sering melakukan penyikatan gigi. Alih-alih baik bagi kesehatan, pakar kesehatan justru menganggap hal ini kurang baik. Menggosok gigi terlalu sering ternyata tidak akan membuat kesehatan gigi kita semakin baik.

Pakar kesehatan yang berasal dari India Dental Association bernama Dr Bushra menyebutkan jika idealnya, dalam sehari kita menyikat gigi dua kali saja dan tidak perlu sehabis makan. Satu hal yang pasti, kita memang harus menyikat gigi sebelum tidur. Beliau sendiri bisa memberikan contoh dimana jika kita mengkonsumsi kopi atau minuman bersoda lalu langsung menyikat gigi, maka kita justru akan membuat gigi kita berpotensi mengalami kerusakan. Contoh lain yang sangat kentara adalah jika kita mengkonsumsi minuman bersoda atau memakan jeruk yang cenderung asam, maka kandungan asam ini akan membakar enamel gigi. Jika kita langsung menyikat gigi setelahnya, asam-asam yang buruk bagi gigi ini akan segera terdorong lebih dalam memasuki gigi dan membuatnya menjadi melemah. Jika hal ini kerap dilakukan, dikhawatirkan gigi akan mengalami masalah gigi sensitif.

Baca Juga:  Waspadai Bakteri pada Rambut Kemaluan

Lantas, kapankah waktu paling ideal untuk menyikat gigi? Pakar kesehatan dr Anurag Singh dari Max Supersepeciality Hospital Saket di New Delhi, India menyebutkan jika kita bisa menyikat gigi setelah sarapan pagi dan makan malam setiap harinya, hanya saja, berilah jeda 30 menit setelah makan agar kandungan asam dalam mulut sudah menjadi netral kembali.