informasi kesehatan


Menyembuhkan Pusing tanpa Obat

Menyembuhkan Pusing tanpa Obat

DokterSehat.com – Pusing atau sakit kepala termasuk penyakit yang sering dirasakan oleh siapapun. Orang biasanya akan segera mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan sakit di kepalanya. Tapi ada beberapa cara yang bisa meringankan sakit kepala tanpa obat.

Cuaca yang tidak menentu, kepanasan, dehidrasi, stres, gugup, demam dan gangguan-gangguan tubuh lain biasanya akan menyebabkan reaksi sakit di bagian kepala.

Obat biasanya menjadi pilihan untuk meredakan sakit kepala. Tapi beberapa obat dapat menyebabkan efek samping, seperti adiksi (ketergantungan) dan alergi.

Tanpa harus mengonsumsi obat, ada beberapa cara yang dapat meredakan sakit kepala, termasuk dengan menggunakan barang-barang yang ada di rumah.

Dilansir dari HealthMad, berikut 7 cara yang bisa meredakan sakit kepala tanpa harus mengonsumsi obat:

1. Tidur
Saat mengalami sakit kepala, tidur adalah solusi yang mudah dan tepat. Tidur dapat membantu meringankan sakit kepala dan menyegarkan tubuh kembali.

2. Minum teh hitam
Antioksidan dalam teh hitam, bisa membantu meringankan sakit kepala karena kepanasan. Jika dibandingkan teh hijau, teh hitam mengandung lebih banyak efek yang bisa meredakan sakit di kepala.

3. Makanan dan air
Sakit kepala juga sering diakibatkan oleh dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan. Minum cukup air, dapat meringankan sakit di kepala. Selain minum air, orang yang sakit kepala harus mendapat makanan yang cukup. Hal ini penting untuk membantu menstabilkan fungsi tubuh seperti sedia kala, sehingga dapat meringankan sakit kepala.

4. Mencari udara segar
Udara segar dan sejuk dapat mengurangi ketegangan di kepala, yang pada akhirnya juga dapat meredakan sakit kepala.

5. Gunakan kain lembab
Tempelkan kain lembab di dahi selama beberapa menit kemudian cobalah untuk berbaring. Kain lembab ini akan meredakan ketegangan yang terjadi di kepala. Selain kain, Anda juga bisa menggunakan handuk dingin atau basah.

6. Gunakan air dingin
Selain diminum, air dingin yang ditempelkan di belakang telinga dan pangkal leher juga dapat meringankan ketegangan di kepala.

7. Membuat kantong es
Dengan membuat dan meletakkan kantong es dengan menggunakan plastik atau kantong lainnya di kepala, dapat secara efektif meringankan sakit di kepala.

Sumber : detik health

pf button both Menyembuhkan Pusing tanpa Obat
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

83 Responses to “Menyembuhkan Pusing tanpa Obat”

  1. widya says:

    Selamat pagi dok,

    Saya remaja berusia 18 tahun.
    Sudah 2 hari ini saya merasa pusing, kepala tidak sakit dan berdenyut. Ditambah demam selama 2 hari. Disertai batuk berdahak, berwarna putih kehijauan, namun ketika pagi hari berwarna kuning kehijauan. Terkadang pusing itu hanya terjadi pada sore – malam hari. Dan saya juga punya riwayat penyakit TBC tahun lalu. Sudah berobat 8 bulan dan dinyatakan normal kembali ketika MCU. Kira2 pusing yg saya derita ini apakah karena penyakit TBC kambuh lagi atau karena faktor lain ya dok? Lalu bagaimana penyembuhannya?

    Saya sudah kedokter namun kata dokter hanya kecapekan saja

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kemungkinan karena infeksi saluran Halas Yg kamu derita, Yg bisa menimbulkan gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tulang, sakit kepala, dll. Periksakan ke dokter untuk diterapi segera. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. naya says:

    waw setelah saya mencoba ternyata benar ampuh ak jdi sgar kmbali

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. azzhylla anastashya says:

    dok saya mau tanya agar dapat mengurangi berat badan bagaimana? apakah saya harus mengonsumsi obat ,diet atau olah raga? bila olah raga lambat dok mengecilkan badan saya dan bila diet saya takut lambung saya rusak dan bila obat ,saya takut ada efek samping

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Yg paling Aman ialah berolah raga Dan jaga pola makan. Anda dapat menghitung Asupan kalori untuk diet di website Ini. Cari dengan kata kunci kalkulator BMI. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Heru says:

    Dok, 2 hari kemarin saya kena penyakit disentri. Setelah sembuh, sekarang pusing yg berlebihan menimpa saya. Bagaimana cara mengatasi pusibg saya ini dokter?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Pusing berputar atau sakit kepala seperti diikat! Bila sangat mengganggu, anda his a periksakan kembali ke dokter trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. zahra says:

    Duh lgi pusing juga nih :&

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Thanks….

    Akan aku coba…!

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Menyembuhkan Pusing Tanpa Obat : blog dari biema - [...] : detik health Read more: http://doktersehat.com/2010/08/14/menyembuhkan-pusing-tanpa-obat/#ixzz0wwh9VQMW This entry was posted on Wednesday, August 18th, 2010 at 15:53 …