Menyapu Rumah Ternyata Bisa Membakar 250 Kalori

DokterSehat.Com – Cukup banyak orang yang mengeluhkan kegiatan beres-beres rumah sebagai sebuah aktifitas yang melelahkan sehingga cenderung malas untuk melakukannya. Padahal, menurut pakar kesehatan, pekerjaan rumah bisa membuat kita lebih sehat karena tanpa kita sadari, kita bisa membakar cukup banyak kalori dalam tubuh.

doktersehat-dapur-bersih-bakteri

Kita bisa memberikan contoh sebuah pekerjaan rumah yang sederhana dan kerap kita lakukan setiap hari, yakni menyapu. Tanpa kita sadari, rutin menyapu rumah ternyata bisa membakar kalori sekitar 150 hingga 250 kalori per jam. Hal ini berarti, tak hanya bisa membuat rumah terbebas dari berbagai kotoran dan debu, menyapu rumah ternyata juga bisa membuat kita membakar lebih banyak lemak dan membantu proses penurunan berat badan.

Jika kita melanjutkan kegiatan menyapu dengan mengepel lantai, maka rumah tentu akan jauh lebih bersih dari berbagai debu dan juga kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Yang tidak diduga adalah, aktifitas mengepel lantai ternyata mampu membuat kita membakar kalori hingga 350-400 kalori setiap jam. Angka ini setara dengan saat kita menari selama 45 menit. Menurut pakar kesehatan, saat mengepel, tanpa kita sadari kita membuat otot lengan bagian atas, otot inti, dan juga otot perut lebih aktif sehingga membantu pembakaran kalori lebih banyak.

Selain menyapu dan mengepel lantai, membersihkan bak mandi setidaknya seminggu sekali juga bisa memberikan manfaat ganda. Tak hanya membuat bak mandi menjadi bersih dan terhindar dari berbagai jentik nyamuk penyebab penyakit, kegiatan ini juga bisa membuat kita membakar kalori sebanyak 300 hingga 350 kalori setiap jamnya. Jumlah ini setara dengan kalori yang dibakar andai kita bersepeda.

Pekerjaan rumah lainnya yang bisa membantu kita membakar lemak adalah menyedot debu. Meskipun kita hanya tinggal menggunakan mesin khusus penyedot debu saja, menyedot debu ternyata bisa membantu kita membakar kalori sebanyak 150 hingga 200, angka yang setara dengan saat kita berjalan kaki.