Menyambut Hari Dokter Nasional pada 24 Oktober, Dunia Kesehatan Indonesia Masih Perlu Perbaikan

DokterSehat.Com – Meskipun sudah mulai mendapatkan perbaikan dalam berbagai bidang. Dalam kenyataannya, dunia kesehatan Indonesia masih memiliki beragam kekurangan. Sebagai contoh sederhana saja, bagi mereka yang memiliki uang, akan lebih memilih untuk berobat ke luar negeri alih-alih mempercayakan kesehatannya pada rumah sakit di dalam negeri. Sebenarnya, apa sajakah penyebab dari masih kurang baiknya dunia kesehatan kita?

doktersehat-rumah-sakit-emergensi-darurat

Pakar kesehatan yang berasal dari Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan bernama Professor, dr. Hasbullah, MPH, menyebutkan jika ada banyak sekali faktor yang menyebutkan dunia kesehatan kita masih belum sempurna. Sebagai contoh, gaji yang diterima oleh para pekerja medis masih dianggap kurang memadai. Beliau menyebutkan jika banyak orang yang berpikir jika para dokter adalah orang-orang yang berkecukupan, padahal sebenarnya hal ini tidak benar adanya. Meskipun memang banyak dokter yang berkecukupan, namun masih ada sebagian dokter di berbagai penjuru tanah air yang mendapatkan gaji yang kurang memadai. Selain itu, sudah menjadi rahasia umum jika gaji perawat dan tenaga medis lainnya juga masih kurang baik.

Banyak masyarakat yang tidak menyadari jika bekerja di dunia medis membuat para dokter mendapatkan tuntutan yang sangat tinggi. Saat bertugas, dokter, perawat, hingga tenaga medis lainnya bisa harus terjaga hingga 24 atau bahkan 36 jam terus menerus. Selain itu, tekanan yang diberikan masyarakat yang mengharuskan pekerja medis untuk tidak melakukan kesalahan sedikitpun mengingat pekerjaannya berkaitan dengan kesehatan atau nyawa seseorang membuat mereka rentan terkena stres. Hal ini ternyata bisa berimbas pada buruknya layanan kesehatan bagi masyarakat.

Selain jumlah pekerja medis layaknya dokter dan perawat yang masih terbatas, sejauh ini pemangku kebijakan kesehatan tanah air juga masih meributkan hal-hal layaknya tarif rumah sakit saja. Padahal, fasilitas kesehatan di penjuru negeri juga masih banyak yang kurang memadai dan mendukung kinerja para dokter. Ini adalah PR besar bagi pemerintah dan semua lapisan masyarakat demi mendukung pelayanan kesehatan di Indonesia yang lebih baik di masa depan.