Menurut Penelitian, Pria Seperti Ini Kurang Ideal Untuk Dinikahi

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta yang kurang mengenakkan bagi pria dengan perut yang buncit atau mengalami masalah obesitas. Bagaimana tidak, dalam penelitian ini, disebutkan bahwa pria dengan perut buncit cenderung memiliki kualitas sperma yang sangat buruk sehingga kemungkinan untuk mendapatkan keturunan juga sangat rendah.

doktersehat-gendut-perut-buncit

Peneliti utama, Dr. Gottumukkala Ramaraju sebagaimana dilansir dari Independent.co.uk menyebutkan bahwa terdapat 1.285 pria yang dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah, obesitas memang mampu memberikan pengaruh bagi kualitas sperma pria.

Pria dengan perut buncit cenderung memiliki volume air mani sekaligus jumlah sperma yang lebih rendah dari normal. Bahkan, konsentrasi sperma mereka juga cenderung lebih encer dan sperma juga tidak bisa bergerak dengan baik. Yang menjadi masalah adalah, berbagai faktor tersebut bisa memicu gangguan kesuburan yang tentu akan membuat pasangan semakin sulit mendapatkan kehamilan.

Dr. Ramaraju menyarankan pria dengan masalah obesitas atau perut buncit untuk menurunkan berat badannya sebelum menikah demi mencegah adanya gangguan kesuburan. Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, kualitas dan kuantitas sperma juga akan menjadi jauh lebih baik dengan berat badan yang lebih ideal.

Tak hanya bagi kaum pria, masalah obesitas pada wanita ternyata juga bisa mempengaruhi kesuburannya. Kondisi kesehatan ini mampu menyebabkan gangguan keseimbangan hormon yang tentu berpengaruh besar pada kemungkinan untuk mendapatkan keturunan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang pria dan wanita selalu menjaga berat badannya agar tetap ideal demi menjaga peluang untuk mendapatkan keturunan.