Menurut Penelitian, Lagu Ini Bisa Menurunkan Stress Hingga 65 Persen

DokterSehat.Com – Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan stress. Beberapa orang akan memilih untuk pergi ke tempat wisata atau menikmati pemandangan alam. Sementara itu, sebagian orang lain bisa melakukan latihan pernafasan atau olahraga yoga. Namun, sebuah penelitian berhasil menemukan cara unik yang bisa membantu kita menurunkan stress dengan cepat dan efektif, cara tersebut adalah dengan mendengarkan lagu.

doktersehat-gadget-handphone-chat-earphone

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan saraf dari Mindlab Internasional ternyata menemukan fakta unik tentang efek mendengarkan lagu bagi kesehatan psikis seseorang. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa lagu yang berjudul Weighless yang dibawakan oleh grup musik Marconi Union ternyata mampu membuat kita menurunkan level stress hingga 65 persen. Selain itu, tingkat istirahat fisiologis juga bisa menurun hingga 35 persen.

Apa rahasia dari lagu ini sehingga mampu menurunkan kadar stress dengan efektif dalam waktu yang cepat? Menurut pakar kesehatan, lagu ini ternyata memang dibuat untuk menurunkan stress yang kini kerap menyerang masyarakat modern. Grup musik ini bahkan sampai berkonsultasi dengan terapis suara untuk membuat lagu ini sehingga bisa mengatur harmoni, ritme, hingga nada bass yang mampu menurunkan denyut jantung, tekanan darah, hingga kadar hormon kortisol, hormon yang menyebabkan kita merasa stress.

Jika anda merasa stress karena adanya tekanan pekerjaan, masalah dengan orang lain, atau memiliki banyak pikiran dan hal yang dicemaskan, cobalah untuk mencari lagu ini dan segera pasanglah headset untuk mendengarkannya. Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita mendengarkan lagu ini sembari menenangkan diri atau melakukan kontemplasi. Dalam delapan menit setelah mendengarkan lagu ini, maka pikiran kita akan jauh lebih rileks sehingga kita pun akan merasa jauh lebih baik dan terbebas dari stress.