Menurut Penelitian, Ini Usia Paling Ideal Untuk Melangsungkan Pernikahan

DokterSehat.Com – Meskipun kebanyakan orang menikah di pertengahan usia 20-an, dalam realitanya cukup banyak orang yang menikah pada usia yang jauh lebih muda atau lebih tua. Banyak orang yang berpikir jika mereka yang menikah pada usia yang jauh lebih muda akan cenderung kurang siap untuk mengarungi berbagai tantangan dalam dunia pernikahan. Sementara itu, mereka yang menikah di usia yang matang atau bahkan lebih tua, biasanya sudah dianggap siap untuk menghadapi berbagai cobaan dan permasalahan setelah menikah. Sebenarnya kapankah usia paling ideal untuk melangsungkan pernikahan?

doktersehat-pasangan-kaki

Menurut teori yang dikembangkan oleh Tom Griffiths, salah seorang peneliti kognitif dan juga penulis buku berjudul Algorithms to Live By: The Computer Science of Human Decicions, beserta dengan jurnalis Brian Christian, usia 26 tahun adalah usia yang paling ideal untuk mendapatkan pasangan hidup rumah tangga. Pendapat ini didasari oleh teori matematika bernama 37% Rule (aturan 37 persen). Dalam aturan ini, diketahui bahwa manusia yang berhasil menyelesaikan 37 persen tugas yang harus dikerjakannya dalam waktu tertentu, maka Ia dianggap sudah melakukan hal yang benar dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan berbagai macam informasi yang dikumpulkan dalam kurun waktu tersebut.

Dengan menggunakan aturan ini, Griffiths dan Christian menyimpulkan adalah usia 26 tahun sangatlah tepat untuk memulai mahligai rumah tangga. Jika kita memutuskan untuk menikah lebih dini, dikhawatirkan kita melewatkan kesempatan mendapatkan jodoh yang terbaik. Sementara itu, jika kita menikah pada usia yang lebih tua, bisa jadi kita hanya mendapatkan jodoh yang terbaik dari pilihan yang sudah terbatas.

Menurut Griffiths dan Christian, kebanyakan orang mencari pasangan hidup pada rentang usia 18 hingga 40 tahun. Berdasarkan aturan matematika 37 persen inilah, mereka menemukan usia 26 sebagai usia paling baik untuk mendapatkan jodoh dari rentang waktu pencarian tersebut. Jadi, apakah anda sudah siap menikah pada usia 26 tahun atau malah belum mendapatkan jodoh meski sudah melewati usia tersebut?