Menurut Pakar Kesehatan, Minum Susu Tidak Akan Mencegah Osteoporosis

DokterSehat.Com – Kita tentu kerap melihat iklan yang ada di televisi atau media lainnya yang menyarankan kita untuk rutin mengkonsumsi susu demi mencegah masalah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Dalam iklan ini, disebutkan bahwa rutin mengkonsumsi susu mampu mencegah datangnya penyakit ini dengan efektif. Apakah hal ini memang benar adanya?

doktersehat-sehat-pria-nutrisi-tellur-susu-vitamin-kalsium-daging-telur

Pakar kesehatan dr. Anjar Bhawono, SpOT, yang merupakan ahli ortopedi dan traumatology yang berasal dari rumah sakit Metropolitan Medical Center di Kuningan, Jakarta, menyebutkan bahwa apa yang diungkapkan oleh iklan susu tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar. Dr. Anjar sendiri meluruskan terlebih dahulu tentang pemahaman osteoporosis dimana penyakit ini akan terjadi pada tulang dimana massa dan juga kepadatan tulang akan menurun dengan signifikan. Dalam beberapa kasus, arsitektur tulang juga mengalami gangguan karena penyakit ini. Untuk mendeteksi apakah kita memiliki penyakit ini atau tidak, kita bisa melakukan pemeriksaan dengan menggunakan bonedensitometry atau yang dikenal sebagai BMD.

Di banyak negara maju dimana pemerintah dan masyarakatnya cenderung lebih baik dalam mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk dalam hal rutin mengkonsumsi susu setiap hari, kasus munculnya salah satu jenis penyakit degeneratif ini ternyata juga cenderung meningkat. Hal ini berarti, susu sepertinya memang tidak benar-benar mampu mencegah osteoporosis dengan efektif. Selain itu, andai seseorang terdiagnosis terkena penyakit ini, dokter memang akan memberikan serangkaian pengobatan dimana konsumsi susu secara rutin juga disarankan untuk dilakukan. Namun, konsumsi susu ini sebenarnya hanya memberikan pengaruh kecil bagi pengobatan tersebut.

Menurut dr. Anjar, konsumsi susu memang hanya memberikan pengaruh kecil bagi pencegahan ataupun pengobatan penyakit osteoporosis, apalagi bagi mereka yang memiliki struktur dan kondisi kesehatan tulang yang sudah terbentuk sejak masih anak-anak. Namun, bukan berarti juga kita kemudian tidak lagi mengkonsumsi susu karena memang susu bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.