Menurut Pakar Kesehatan, Kita Sebaiknya Berhubungan Intim 2 Kali Seminggu

DokterSehat.Com – Setiap pasangan memang memiliki frekuensi ideal untuk berhubungan intim yang berbeda-beda. Namun, menurut pakar kesehatan seksual, ada baiknya kita melakukan hubungan intim dua kali dalam seminggu. Apa alasan dari rekomendasi ini?

doktersehat-pasangan-seks-couple

Rekomendasi ini ditemukan dalam hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of Sexual Medicine. Dalam penelitian yang dilakukan dengan cara mensurvei 2.269 orang ini, para partisipan diminta untuk menjawab pertanyaan tentang kebiasaan mereka melakukan hubungan intim, khususnya tentang seberapa sering mereka melakukannya. Selain itu, para partisipan ini juga diambil sampel darahnya agar bisa dijadikan bahan beberapa tes tertentu.

Setelah melakukan berbagai tes pada sampel darah dan membandingkannya dengan frekuensi melakukan hubungan intim, diketahui bahwa pasangan yang melakukan hubungan intim dengan frekuensi sangat jarang, yakini kurang dari sekali dalam sebulan, akan memiliki senyawa kimia homosistein lebih tinggi dari mereka yang melakukan hubungan intim lebih sering, khususnya dua kali dalam sepekan. Senyawa homosistein yang termasuk asam amino ini ternyata terkait dengan resiko penyakit jantung dan kerusakan pada pembuluh darah. Sebagai informasi, semakin tinggi kadar senyawa ini, semakin banyak pula pembentukan plak pada pembuluh darah yang bisa meningkatkan resiko terkena serangan jantung.

Yang menarik adalah, kaitan antara frekuensi berhubungan intim dengan peningkatan resiko penyakit jantung ini ternyata hanya ditemukan pada pria dan tidak terjadi pada kaum wanita. Pakar kesehatan menduga jika hal ini disebabkan oleh rangsangan seksual pada wanita yang tidak berkaitan dengan aliran darah sebagaimana yang sangat berperan dalam ereksi pada kaum pria.

Sayangnya, penelitian ini belum berhasil membuktikan apakah semakin sering berhubungan intim bisa membuat kadar senyawa homosistein bisa menurun atau tidak. Satu hal yang pasti, ada baiknya memang kita semakin rutin berhubungan intim karena selain menyenangkan untuk dilakukan, hal ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.