Menurunnya Gairah Seksual Pada Wanita

DokterSehat.com – Sudah menjadi rahasia umum jika kehidupan seks dalam sebuah rumah tangga tidak akan selalu berada dalam titik yang harmonis. Terkadang, kehidupan seks akan mengalami fase naik turun yang tidak dapat diduga sebelumnya. Fase naik turun ini berlaku pada masing-masing pasangan tanpa terkecuali. Yang menjadi masalah adalah, saat kehidupan seks sebuah pasangan rumah tangga mengalami fase turun, fase ini dapat mempengaruhi keharmonisan keluarga tersebut. Bahkan, bagi seorang wanita, saat gairah seksual menurun, bisa jadi malah fase ini dapat berlanjut ke waktu yang cukup lama, yang tentu saja dapat semakin memperkeruh keharmonisan dalam keluarga. Melihat adanya resiko ini, kaum hawa harus banyak memperhatikan banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi turunnya gairah seksual mereka, berikut adalah diantaranya:



  • Banyak sekali kaum hawa yang terobsesi untuk menjadi wanita yang aktif atau bahkan menjadi wanita karir. Dengan menjadi wanita yang aktif, bisa dikatakan kegiatan mereka di luar rumah akan menjadi cukup banyak, padahal, kegiatan di rumah sendiri sudah cukup banyak. Dengan banyaknya energy yang terkuras untuk beragam kegiatan ini, akan sangat sulit untuk melakukan hubungan seks dengan suami saat tubuh sudah ingin istirahat. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat mencari waktu setidaknya seminggu sekali di waktu luang atau hari libur khusus untuk bercengkerama dengan suami.
  • Jika otak seorang perempuan terlalu aktif, sebagai contoh wanita yang kecanduan game atau komputer atau bahkan kecanduan gadget, maka mereka akan mengalami resiko menurunnya libido. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat mematikan dulu gadget atau peralatan elektronik segera setelah urusan anda selesai dan mulai luangkanlah waktu dengan suami atau keluarga anda.
  • Wanita yang rajin mengkonsumsi pil kontrasepsi juga ternyata beresiko akan mengalami penurunan gairah seksual. Ada baiknya, sebelum mengkonsumsi pil jenis ini, anda dapat berkonsultasi akan efek samping dengan dokter kandungan. Jika ternyata kurang cocok, maka anda dapat memilih jenis kontrasepsi lain yang tidak mengganggu gairah seks anda.
  • Disamping itu, gaya hidup tidak sehat seperti makanan yang tidak sehat atau konsumsi alkohol dan rokok yang tidak baik dapat menyebabkan gairah seks menurun.
Baca Juga:  Tanda Masturbasi Sudah Berlebihan

Dengan memperhatikan berbagai faktor diatas, kaum wanita dapat terus menjaga gairah seks mereka dengan baik. Dengan adanya kehidupan seks yang harmonis, maka keharmonisan keluarga pada umumnya dapat dijaga dengan baik.