Menurunkan Berat Badan Dengan Olahraga Malam Hari

DokterSehat.Com – Masyarakat modern cenderung memiliki waktu yang sangat terbatas karena kesibukan aktifitas kerja dan berbagai kegiatan lainnya. Begitu sibuknya hingga kita kini sangat sulit mendapatkan waktu untuk berolahraga. Pagi dan sore hari seringkali akan kita habiskan sebagai waktu untuk melakukan perjalanan dari dan menuju tempat kerja sehingga satu-satunya waktu yang bisa kita maksimalkan untuk berolahraga adalah malam hari. Pertanyaannya adalah, apakah malam hari adalah waktu yang cocok untuk membakar kalori?

doktersehat-gym-fitnes-otot

Pakar kesehatan menyebutkan jika malam hari ternyata akan sangat baik untuk olahraga yang bertujuan untuk membakar kalori, memperkuat daya tahan, dan juga semakin menguatkan tubuh. Fakta ini diungkapkan oleh jurnal Medicine and Science in Sport and Exercise. Selain olahraga dengan intensitas tinggi pada pusat kebugaran, kita juga bisa melakukan olahraga sederhana layaknya berjalan kaki. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika wanita yang berjalan kaki di malam hari akan lebih baik dalam mengendalikan nafsu makannya sehingga akan mampu menjaga berat badannya dengan lebih baik.

Penelitian yang dilakukan di Harvard University menyebutkan jika tekanan darah pada tubuh akan cenderung lebih tinggi setelah pukul 9 malam. Yang menarik adalah, jika kita berolahraga dengan kondisi tekanan darah yang lebih tinggi, maka kitapun akan membakar kalori yang jauh lebih besar. Fakta ini berarti olahraga pada malam hari bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Bahkan, selain penurunan berat badan, kita bisa menambah stamina dan kemampuan fisik. Olahraga kardio diyakini menjadi yang paling cocok dilakukan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Meskipun begitu, pakar kesehatan menyebutkan jika andai kita memiliki waktu di pagi hari, khususnya di akhir pekan, maka kita pun sebaiknya mengambil kesempatan ini untuk berolahraga mengingat olahraga pagi akan membuat sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan pada akhirnya akan membuat penurunan berat badan menjadi semakin lancar. Olahraga yang rutin dilakukan juga akan membuat kondisi tubuh semakin sehat.