Menuangkan Air Kembali Pada Telinga yang Kemasukan Air, Bolehkah?

DokterSehat.Com – Saat kita sedang mandi atau melakukan olahraga air layaknya berenang, terkadang telinga kita kemasukan air sehingga mengganggu pendengaran atau menyebabkan rasa tidak nyaman. Untuk menghilangkan air yang masuk ke dalam telinga ini, kebanyakan orang justru akan menuangkan kembali air ke dalam telinga karena berpikir jika hal ini akan membuat air lebih mudah keluar dari lubang telinga. Sebenarnya, apakah trik ini memang cukup ampuh untuk mengatasi masalah telinga kemasukan air?

doktersehat-telinga-masuk-air-gatal-jerawat

Pakar kesehatan spesialis THT bernama dr. Agus Subagio Sp.THT menyebutkan bahwa trik kembali memasukkan air ke dalam lubang telinga yang sebelumnya sudah kemasukan air agar air bisa keluar semua boleh-boleh saja untuk dilakukan. Trik ini juga memang bisa membuat semua air di dalam telinga bisa keluar sehingga telinga pun kembali terasa nyaman. Hanya saja, ada baiknya kita tidak sembarangan dalam melakukannya dan memperhatikan kondisi telinga kita.

Menurut dokter yang bersal dari Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah ini, trik ini boleh-boleh saja untuk dilakukan asalkan telinga berada dalam kondisi sehat dan tidak mengalami masalah apapun.

Selain memasukkan kembali air ke dalam telinga, ada trik lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi telinga yang kemasukan air, yakni dengan menggerak-gerakkan atau menarik daun telinga. Hal ini diyakini akan membuat air di dalam telinga lebih mudah keluar. Hanya saja, menurut dr. Agus, sebenarnya air yang masuk di dalam lubang telinga ini bisa keluar dengan sendirinya karena kondisi tubuh dan lingkungan yang cenderung lebih hangat.

Terdapat beberapa orang yang ternyata memiliki struktur anatomi telinga yang bermasalah dimana di sekitar gendang telinga memiliki lekukan yang bisa membuat air yang terjebak di dalam lubang telinga sulit untuk dikeluarkan. Jika hal ini terjadi, maka ada baiknya mereka segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter agar air yang terjebak bisa dikeluarkan dengan aman.