Suka Mi Instan? Buat 3 Menu Super Ini agar Lebih Sehat

doktersehat-mie-instan-telur

DokterSehat.Com– Siapa sih yang bisa menolak nikmatnya mi instan? Meskipun mungkin sudah bosan kita mendengar akan berbagai bahaya dan larangan mengonsumsi mi instan berlebihan, nyatanya mi instan tetaplah menjadi pilihan menu makanan yang banyak digemari orang, muda hingga tua.

Mi instan adalah makanan yang praktis,nikmat dan memiliki banyak rasa. Tak ayal kini semakin banyak jenis dan varian sajian mi instan yang bisa dengan mudah kita peroleh.

Lantas, jika kita sudah terlanjur menyukai mie instan, bagaimana cara menyiasati agar sajian mie instan kita lebih sehat?

Tips sehat menyajikan mi instan

Anda tentu sudah sering mendengar bahwa tips sehat mengonsumsi mi instan, yang diantaranya adalah membatasi penggunaan bumbu kemasan hingga separuhnya dan mengonsumsi mi instan bersamaan dengan banyak sayur.

doktersehat-mie-instan

Kedua tips tersebut merupakan tips dasar dalam membuat mi instan yang lebih sehat.

Membatasi penggunaan bumbu kemasan yang tinggi natrium akan sangat baik untuk mengurangi risiko peningkatan tekanan darah.

Sedangkan, penambahan banyak sayur akan sangat baik untuk meningkatkan asupan serat dalam tubuh.

Lalu, apa saja menu makanan sehat yang bisa kita buat dari mi instan?

Menu sehat dari mi instan

Beberapa contoh menu dari mi instan yang bisa kita buat dengan menerapkan prinsip sehat mengonsumsi mi instan diantaranya, adalah:

1. Mi instan dengan saus tomat alami dengan potongan daging sapi dan sayuran

Anda harus membuat mi instan tetap enak tanpa harus menggunakan bumbu, maka dari itu, buatlah saus dari tomat alami yang ditambahkan potongan daging sapi atau ayam dan sayuran.

Menu ini akan membuat sajian mie instan Anda mirip dengan spageti buatan sendiri, namun tentu tetap sehat bukan?

Photo Credit: pexels. com

Perlu diketahui, kandungan glutamat yang ada pada banyak bumbu kemasan buatan, juga ada secara alami pada buah tomat. Hal ini yang membuat tomat merupakan pilihan yang tepat dalam menyajikan menu mi instan.

Selain dari sayuran, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin dan serat dari penggunaan tomat sebagai saus.

Untuk makanan berproteinnya, Anda akan dapatkan dari potongan daging yang Anda campurkan pada saus. Menu ini cukup mudah dibuat, tetap nikmat dan menyehatkan, bukan?

2. Mi instan kuah bumbu rempah dengan sayuran dan telur ceplok air

Anda penggemar ramen? Jika ya, maka Anda bisa menerapkan menu dengan prinsip yang mirip ramen untuk menu mi instan Anda, lho.

Sama seperti menu sebelumnya, karena Anda harus membuang bumbu mi instan, maka buatlah terlebih dahulu bumbu dari bahan alami seperti bawang putih, bombai atau bubuk lada.

mie_ayam_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/michaelphams

Setelah itu masukkan mi instan dan sekaligus telur untuk membuat ceplok air, yang lebih rendah lemak.

Setelah keduanya matang, Anda tinggal menambahkan sayuran seperti sawi, kecambah, atau tomat. Kini, sajian mi instan Anda tentu super sehat, ya?

3. Mi instan dengan minyak nabati berbumbu alami & kacang-kacangan serta mix vegetable

Jika dua menu di atas cenderung kurang praktis, maka Anda bisa mencoba menu ketiga.

Setelah merebus mi instan, campurkan bumbu alami dari minyak nabati, misalnya minyak zaitun, tambahkan bubuk lada, dan taburan wijen.

doktersehat-mie-untuk-berbuka
Photo Credit: Flickr.com/Stacy Spensley

Sajikan atau campurkan dengan kacang-kacangan, misalnya kacang tanah atau kedelai, dan tambahkan pula mix vegetable. Sajian ini kaya akan kandungan fitonutrien dan serat yang sehat, namun tetap mudah dibuat, bukan?

Nah, itu dia tiga menu dari mi instan yang super sehat, kira-kira menu nomor berapa nih yang akan Anda coba terlebih dahulu? Selamat mencoba, ya.