Menstruasi Tidak Kunjung Berhenti, Mungkin Anda Terkena Adenomiosis

penyebab jerawat di vagina

DokterSehat.Com – Ada dua gangguan menstruasi yang menyebabkan wanita kerap panik, pertama adalah sering telat setiap bulannya. Kalau telatnya menstruasi disertai dengan kehamilan mungkin tidak masalah, tapi kalau tubuh jadi tidak enak justru menimbulkan pertanyaan.

Kedua adalah menstruasi yang terus deras setiap harinya dan lebih dari seminggu. Biasanya menstruasi berlangsung hanya beberapa hari dan mendekati hari akhir intensitas darah yang keluar semakin sedikit.

Kalau Anda mengalami kondisi kedua bisa jadi, Adenomiosis sedang terjadi pada Anda dan perlu penanganan yang tepat.

Apa itu Adenomiosis?

Adenomiosis adalah penebalan jaringan endometrium yang ada pada rahim. Jaringan ini endometriumlah yang akan luruh dan akhirnya menjadi darah menstruasi. Saat jaringan ini menebal secara abnormal dan menembus dinding otot rahim, wanita akan alami menstruasi yang deras setiap bulannya.

Selain rasa sakit atau nyeri, beberapa wanita juga sering mengalami lemas dan rasa sakit sejak awal menstruasi.

Penyebab Adenomiosis

Hingga saat ini para ahli belum bisa memastikan apa penyebab kondisi ini. Namun, dari sebuah penelitian beberapa hormon seperti estrogen, progesteron, dan prolaktin memicu kondisi ini.

Lebih lanjut, Adenomiosis bisa juga disebabkan oleh jaringan berlebih pada dinding rahim. Kondisi ini terjadi seiring dengan bertambahnya usia dari wanita. Lebih lanjut peradangan uterus setelah persalinan juga membuat endometrium terus menebal.

Penyembuhan Adenomiosis

Adenomiosis adalah kondisi yang bisa disembuhkan meski tidak sempurna. Untuk menghindari komplikasi selama menstruasi dokter akan meresepkan obat anti inflamasi nonsteroid untuk mengurangi rasa sakit.

Selanjutnya terapi hormon, ablasi endometrial, histerektomi, dan embolisasi arteri uterine juga bisa menjadi pilihan pengobatan yang tepat. Kalau Anda merasa memiliki gejala Adenomiosis, segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda semuanya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik