Menstruasi Terasa Berat, Ini cara Mengatasinya

DokterSehat.Com – Setiap wanita tentunya mengalami masalah menstruasi yang beragam-ragam bedanya. Ada yang mengalami menstruasi normal tanpa ada masalah, ada juga yang sering mengalami pendarahan yang hebat ketika sedang menstruasi. Kejadian diatas itu biasanya disebabkan karena kondisi tubuh anda yang tidak sehat.



Jaman modern sekarang, para wanita tidak ingin mengambil pusing dengan masalah hal tersebut sehingga kebanyakan dari para wanita yang sedang mengalami menstruasi untuk mengatasi rasa sakit atau tidak tahan mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi obat medis yang dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Ada juga yang beranggapan bahwa mengkonsumsi obat tersebut tidak bagus karena anda bisa menjadi ketergantungan dengan obat ketika setiap anda mengalami menstruasi anda selalu mengkonsumsinya. Namun para wanita jangan khawatir akan hal tersebut, karena untuk mengatasinya tidaklah perlu untuk mengkonsumsi obat-obatan tetapi cobalah untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang lebih banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga bisa mengatasi masalah anda ketika sedang mengalami menstruasi.

Berikut beberapa vitamin yang penting untuk mengatasi masalah saat sedang mengalami menstruasi :

• Vitamin K
Vitamin K jelas dibutuhkan tubuh saat menstruasi berat karena dikenal sebagai vitamin yang penting memproduksi sel-sel darah merah. Kadar vitamin K yang rendah di dalam tubuh bisa meningkatkan risiko mengalami pendarahan hebat saat menstruasi atau mengalami kram berkepanjangan saat menstruasi.

• Vitamin E
Vitamin E juga dibutuhkan bukan hanya untuk sebagai antioksidan dan menjaga tubuh dari kerusakan sel, jaringan, dan organ di dalam tubuh, tapi juga membantu mengatasi menstruasi yang berat. Vitamin E menjaga sistem imun lebih kuat dan berfungsi secara optimal.

• Vitamin A
Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan kulit, menjaga fungsi jaringan tubuh, membran mukus, kelenjar tubuh, gigi, mata, proses menyusui dan sistem reproduksi. Sebuah laporan ilmiah dari South African Medical Journal, menyatakan bahwa kekurangan vitamin A menyebabkan masalah pendarahan hebat dan berat saat menstruasi atau disebut juga menorrhagia.

Baca Juga:  Tips Menguatkan Tulang Bagi Kaum Hawa

Makanan makanan yang kaya vitamin K seperti misalnya bayam, sawi, brokoli dan berbagai sayuran berdaun hijau. Makanan lainnya seperti kecambah, telur, daging dan ikan juga mengandung vitamin K. Sedangkan untuk vitamin A, Anda bisa mendapatkan dari buah-buahan seperti tomat, strawberry, semangka, melon, wortel, mangga dan lain sebagainya.
Vitamin E jarang ada di makanan, namun Anda tetap bisa mendapatkannya dari biji bunga matahari atau suplemen vitamin E. Berbagai makanan kaya vitamin A, E dan K akan mengurangi pendarahan berlebihan dan berat saat menstruasi dan membuat siklus menstruasi Anda lebih mudah dijalani.