Kapan Ibu Menstruasi Lagi Setelah Melahirkan?

doktersehat menstruasi setelah melahirkan

DokterSehat.Com– Setelah melahirkan, tubuh ibu akan memproduksi hormon unuk mendukung proses menyusui. Seringnya hormon ini akan membuat ibu menjadi tidak subur setelah melahirkan. Karena itu ibu mungkin tidak akan mengalami menstruasi selama beberapa bulan. Lalu, berapa lama ibu akan mengalami menstruasi lagi setelah melahirkan?

Kapan bisa menstruasi setelah melahirkan?

Waktu menstruasi lagi setelah melahirkan bisa jadi berbeda-beda bagi setiap ibu. Umumnya bagi ibu menyusui, menstruasi akan terjadi lagi setelah 6 bulan melahirkan atau lebih. Sedangkan bagi ibu yang tidak menyusui umumnya akan kembali menyusui lagi setelah 6-8 minggu melahirkan.

Hal ini disebabkan oleh tubuh yang mengeluarkan hormon prolaktin demi mencukupi kebutuhan ASI. Hormon ini dapat menekan hormon reproduksi sehingga ibu tidak mengalmi pelepasan sel telur dan tidak menstruasi.

Menstruasi yang normal setelah melahirkan

Setelah melahirkan, baik melalui proses persalinan normal maupun operasi caesar, tubuh akan mengalmami perdarahan yang disebut nifas. Perdarahan ini bertujuan untuk mengeluarkan darah dan jaringan yang ada di rahim selama kehamilan, dan umumnya akan berlangsung selama 40 hari atau lebih. Setelah itu Anda akan berhenti menstruasi untuk beberapa bulan, lalu kembali mengalami menstruasi lagi.

Pada saat menstruasi untuk pertama kalinya setelah melahirkan, Anda mungkin mengalami kram atau nyeri yang lebih berat dan lebih sering. Tak perlu khawatir, kondisi ini memang normal terjadi. Nyeri tersebut disebabkan oleh rongga rahim yang melebar selama kehamilan sehingga ada banyak lapisan rahim yang perlu diluruhkan.

Selain itu, Anda mungkin akan mendapati gumpalan-gumpalan darah kecil dan siklus yang tidak teratur. Sebagian besar ibu yang baru saja melahirkan memiliki siklus menstruasi selama 35 hari dengan perdarahan selama 2-7 hari. Umumnya siklus menstruasi dan tekstur darah menstruasi akan kembali setelah tahun pertama persalinan.

Jika Anda merasa ada gangguan saat menstruasi seperti bau, darah berwarna gelap atau aliran darah sangat banyak hingga menyebabkan lemas, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik