Menstruasi, Sebaiknya Hindari Gerakan-Gerakan Yoga Ini

DokterSehat.Com – Yoga adalah salah satu olahraga yang kini kerap diidentikkan dengan kaum hawa. Padahal, yoga sebenarnya juga bisa dilakukan oleh semua orang tanpa mengenal jenis kelamin. Hanya saja, mungkin karena gerakannya yang dianggap luwes, sesuatu yang diidentikkan dengan kaum hawa selama ini, maka kelas-kelas yoga di berbagai tempat pun memiliki banyak sekali peminat. Meskipun bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan wanita, beberapa gerakan yoga ternyata tidak terlalu baik untuk dilakukan saat hait. Apa sajakah gerakan tersebut?

doktersehat-senam-kegel-neuormove

Gerakan yoga pertama yang harus dihindari oleh wanita haid, khususnya jika siklus menstruasi masih dalam hari pertama atau kedua adalah memakai posisi terbalik atau hand stand. Dengan posisi yang membuat wanita berada dalam posisi kelapa di bawah dan kaki di atas, maka aliran darah pun banyak mengarah ke kepala sesuai dengan gaya gravitasi. Hal ini ternyata bisa memicu pembuangan darah kotor menjadi bermasalah.

Gerakan yoga berikutnya yang kurang baik dilakukan saat menstruasi adalah gerakan melilit. Gerakan ini akan memicu bagian perut harus sedikit melilit dengan tujuan membakar lemak pada perut. Sayangnya, gerakan ini bisa memicu masalah nyeri atau kram perut saat haid bisa menjadi semakin parah dan menyakitkan.

Gerakan yoga ketiga yang sangat tidak disarankan bagi wanita saat menstruasi adalah gerakan kalajengking atau scorpion. Tanpa disadari, gerakan ini akan membuat posisi kepala menjadi jauh lebih rendah dari kaki dan bisa memicu pembuangan darah kotor menjadi tidak maksimal. Semantara itu, gerakan yang membentuk perahu atau huruf V juga sangat tidak disarankan mengingat gerakan ini akan membuat area pangkal paha menjadi lebih tertekan sehingga rasa nyeri saat haid pun menjadi semakin parah.

Baca Juga:  Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Pakar yoga menyarankan wanita yang sedang haid untuk mencari gerakan atau pose yoga yang cenderung membuat tubuh dan otot-otot menjadi lebih rileks sehingga berbagai masalah haid justru bisa dihadapi dengan lebih baik. Jangan terlalu memaksakan diri memakai pose yang bisa membuat badan menjadi tidak nyaman yang justru akan membuat haid menjadi semakin terasa menyakitkan.