Menstruasi Mendadak Berhenti Tidak selalu Hamil

DokterSehat.Com – Datang bulan merupakan hal yang normal bagi kalangan wanita,biasanya wanita selalu mengeluh rasa sakit sebelum mengalami datang bulan.Namun kadang menstruasi tidak selalu datang tepat pada siklusnya, bahkan dalam satu bulan kadang kita bisa tidak mengalami menstruasi sama sekali. Hal ini masih terbilang normal, karena menstruasi dipengaruhi oleh hormon estrogen dalam tubuh yang kadang fluktuatif alias berubah-ubah setiap waktunya.

shutterstock_286322096 copy

Namun, jika menstruasi tidak berjalan selama lebih dari 2 bulan, sebaiknya Anda patut curiga. Hal ini bisa jadi bukan karena Anda hamil, melainkan, seperti dijelaskan www.savemyfertility.org, berhentinya siklus menstruasi secara mendadak bisa jadi merupakan indikasi kanker otak yang dikeluarkan oleh tubuh.

Otak mengatur sistem dalam tubuh secara keseluruhan, termasuk hormon yang memengaruhi siklus menstruasi. Invasi sel kanker dalam otak tentu akan membuat sistem tersebut rusak, sehingga siklus menstruasi menjadi macet.

Selain menjadi indikasi adanya invasi sel kanker dalam otak, menstruasi juga bisa terjadi saat penderita kanker menjalani treatment kanker otak. Sebab, pengobatan kanker menggunakan obat-obatan kimia yang berpengaruh terhadap hormon dalam tubuh.

Selain berhenti menstruasi secara mendadak, gejala kanker otak lain yang perlu diwaspadai adalah kelumpuhan pada sebagian wajah atau tubuh serta pusing hebat yang terjadi terus menerus.

Nah, setelah mengetahui sebab dari berhentinya menstruasi secara mendadak, semoga Anda menjadi lebih waspada dan tidak mengesampingkan gejala tersebut ya. Sebaiknya segera beritahukan kepada dokter Anda tentang gejala aneh yang Anda rasakan.

BACA JUGA : Vitamin Menunda Penuaan