3 Alasan Mengapa Menstruasi Dapat Menyebabkan Berat Badan Naik

doktersehat-menstruasi-berat-badan

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar kan bahwa menstruasi dapat menyebabkan kenaikkan berat badan? Ya, satu hal ini memang merupakan hal yang sebenarnya tidak dinginkan oleh banyak wanita ya. Sayangnya hal ini memang kerap terjadi. Kira-kira apa sih penyebabnya?

Kenaikkan berat badan saat menstruasi sebenarnya dipicu oleh hal-hal dasar penyebab kenaikkan berat badan.

Untuk itu hal ini harus segera dipahami agar kenaikkan berat badan dapat dicegah. Beberapa hal yang menyebabkan berat badan naik saat masa menstruasi adalah:

1. Perubahan hormon

Ya, perubahan hormon menjadi salah satu penyebab pola hidup saat masa menstruasi banyak berubah. Wajar saja karena hormon dapat memengaruhi beberapa hal misalnya kondisi kesehatan tubuh, mood atau emosi hingga nafsu makan.

Sebenarnya hal ini lumrah terjadi, namun jika kita sulit mengatur mood atau nafsu makan maka kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan, lho.

2. Pola makan yang berubah

Kita tentu tahu kan bahwa pada masa menstruasi keinginan untuk makan manis, berlemak atau mungkin pedas justru meningkat? Ya, hal ini tentu saja dipengaruhi oleh hormon dan mood. Selain itu, beberapa studi justru menunjukkan bahwa pola makan saat menstruasi kurang dapat mencukupi kebutuhan energi yang seimbang dalam tubuh.

Untuk itu, kita sebaiknya tetap dapat mengatur pola makan saat masa menstruasi. Membuat catatan tentang makanan apa saja yang harus dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh sangat boleh dilakukan.

3. Kurangnya aktivitas fisik

Kondisi kesehatan saat menstruasi atau timbulnya nyeri menstruasi kerap membuat kita menjadi malas untuk berkativitas fisik atau berolahraga berat.

Hal ini tentu menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan apalagi jika diiringi dengan pola makan yang kurang terkontrol. Maka dari itu usahakan tetap melakuakn olahraga ringan hingga sedang untuk mencegah kenaikan berat badan saat masa menstruasi ya.