Mensiasati Cemilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

DokterSehat.Com – Banyak orang pasti berpikir jika seseorang menderita diabetes atau kencing manis pasti harus menghindari segala sesuatu cemilan yang mengandung gula. Hal yang sangat sulit tentunya karena hampir semua cemilan yang ada mengandung gula didalamnya. Seorang penderita diabetes harus cermat dan teliti dalam memilih cemilan yang akan disantapnya agar kadar gula darah tidak meningkat. Hal diatas sepenuhnya tidak benar. Dikutip dari webmd, seorang penderita diabetes dapat tetap menyantap cemilan manis dengan tetap mempertahankan kadar gula dengan mensiasati dengan cara berikut:

shutterstock_304751963 copy

1. Memilih Karbohidrat untuk Cemilan
Total karbohidrat perlu diperhatikan bagi seorang dengan diabetes karena ini elemen yang penting dan dapat meningkatkan gula darah. Jika anda memilih cemilan kecil yang mengandung karbohidrat, maka anda tidak perlu menambahkan menu sayuran yang mengandung karbohidrat dalam menu makan malam Anda. Namun demikian, cemilan tidak memiliki nilai nutrisi untuk kebutuhan tubuh sehingga konsumsi cemilan yang mengandung karbohidrat hendaknya jangan dikonsumsi setiap hari, namun saat-saat tertentu saja.

2. Batasi Cemilan
Selain membatasi frekuensi konsumsi cemilan, penting juga bagi penderita diabetes untuk membatasi seberapa banyak makanan yang masuk ke dalam perut. Ini merupakan tantangan serius karena semakin banyak asupan gula yang masuk maka seseorang akan semakin lapar. Membutuhkan usaha ekstra untuk itu misalnya saja dengan membeli cemilan dalam kemasan yang kecil sehingga secara otomatis jumlah yang dikonsumsi juga sedikit.

3. Buat cemilan sendiri
Terkadang cemilan yang diinginkan tidak memiliki daftar persen nutrisi yang dikandungnya padahal ini penting bagi penderita diabetes untuk mengetahui tiap detail makanan yang akan disantap. Maka cara untuk mensiasatinya adalah dengan membuat cemilan sendiri. Dengan membuat cemilan sendiri kita dapat mengetahui dan menentukan berapa persen kandungan karbohidrat dan gula. Tentunya cemilan harus tetap dibatasi dalam jumlah kecil. Bila memang tidak memungkinkan, konsultasi dengan ahli gizi keluarga sangatlah dianjurkan

Baca Juga:  Tujuh Cara Meningkatkan Kinerja Otak

4. Tambahkan Buah
Tambahkan buah pada cemilan anda jika memungkinkan. Beberapa buah memang mengandung karbohidrat, namun kandungan vitamin, mineral dan serat dalam buah sangatlah baik untuk tubuh

Keempat hal diatas adalah tips sederhana bagi penderita diabetes yang menginginkan untuk konsumsi cemilan. Niat untuk membatasi jumlah cemilan merupakan komponen penting yang harus dimiliki penyandang diabetes agar disatu sisi mereka bisa menyantap cemilan yang diinginkan, dan di sisi lain gula darah tetap terjaga.