Menonton Televisi Lebih Dari 5 Jam Memicu Emboli Paru

DokterSehat.Com – Banyak orang menghabiskan waktunya untuk menonton televisi di rumah, kegiatan ini merupakan kegiatan yang dijadikan sebagai hiburan yang murah. Tak heran, jika banyak orang yang betah lama-lama di depan televisi.

14343278748_ec382b5f95_k

Namun sayang, duduk terlalu lama saat menonton televisi memicu berbagai macam penyakit. Seperti emboli paru atau penyumbatan di salah satu arteri paru-paru. Dilansir dari VOA, hal ini diungkapkan oleh penelitian di Jepang yang menemukan bahwa menonton televisi bisa membunuh Anda.

Penelitian ini dilakukan selama 18 tahun dan melibatkan lebih dari 86 ribu responden. Menurut Mayo Clinic, banyak kasus yang mengalami emboli paru disebabkan oleh penggumpalan darah yang mengalir ke paru-paru. Umumnya, hal ini terjadi dari kaki.

Duduk terlalu lama saat menonton televisi juga memicu penyakit lainnya. Seperti obesitas, jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker. Menurut penelitian ini, orang yang menonton televisi lebih dari lima jam sehari berisiko dua kali lipat mengalami emboli paru yang fatal dibandingkan mereka yang menonton hanya 2,5 jam.

Penulis utama penelitian ini sekaligus peneliti kesehatan masyarakat di Universitas Osaka di Jepang, Toru Shirakawa menyarankan, sebaiknya tidak hanya duduk saat menonton televisi dalam rentang waktu lama.
Selingi dengan berjalan di tempat atau berdiri. Agar terhindar dari dehidrasi, Toru juga menganjurkan untuk rutin minum.

Menurut penemuan yang dipresentasikan dalam kongres tahunan European Society of Cardiology di London ini juga menunjukkan, bermain game komputer terlalu lama juga memicu kematian akibat emboli paru.

BACA JUGA : Makanan yang Penting Untuk Wanita Yang Berencana Hamil