Menjemur Pakaian Sebabkan Kanker

Doktersehat.com – Kebiasaan menjemur pakaian di bawah sinar matahari sudah sering dilakukan masyarakat di daerah tropis seperti Indonesia. Tapi kebiasaan tersebut ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya kanker.



Penelitian di Amerika Serikat yang melibatkan ahli lingkungan hidup meneliti polusi yang terjadi di sekitar daerah yang sering digunakan masyarakat untuk menjemur pakaian di tempat terbuka. Para ilmuan mencermati bahan apa saja yang menguap dari pakaian saat dijemur.

Hasil penelitian menunjukkan penguapan pakaian yang dijemur di bawah sinar matahari mengandung beberapa bahan kimia. Diantaranya 25 senyawa organik yang mudah menguap, termasuk 7 bahan kimia berbahaya.

Dari tujuh bahan tersebut, dua diantaranya adalah asetaldehida dan benzene. Di Amerika Serikat kedua bahan tersebut sudah ditetapkan sebagai bahan kimia yang dapat menyebabkan  kanker.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa menjemur dalam rumah pakaian yang sudah dicuci dengan detergen dan pelembut dapat menyebabkan orang yang tinggal di sana lebih mudah mengalami sakit kepala.

Sebagai pencegahan sebaiknya keringkan pakaian dengan mesin pengering pakaian atau jemur pakain di tempat terbuka.

 

Sumber: isisurakartablog.com