Bahaya Menjemur Pakaian Dalam Rumah

DokterSehat.Com – Musim hujan telah tiba dan semenjak beberapa hari terakhir kita tentu telah terbiasa melihat hujan yang bisa turun berhari-hari tanpa adanya sinar matahari. Hujan dalam jangka waktu yang lama tentu berdampak pada beberapa aktifitas harian, salah satunya adalah aktifitas menjemur pakaian. Kita memang terbiasa menjemur pakaian dengan bantuan sinar matahari agar pakaian segera kering. Sayangnya, dengan sinar matahari yang terhalang mendung dan awan hujan dalam jangka waktu yang lama, jemuran pakaian yang menumpuk tentu bisa memaksa kita untuk menjemur pakaian di dalam ruangan. Pertanyaannya adalah, apakah hal ini baik bagi kesehatan manusia?

shutterstock_300439724 copy

Banyak orang yang memilih menjemur pakaian di dalam rumah karena takut jika saat bekerja atau berakfititas di luar ruangan, maka jemuran pakaian bisa terkena hujan tanpa ada orang yang memindahkannya ke dalam rumah sehingga jemuran pun basah lagi dan membuat kegiatan mencuci menjadi percuma. Sayangnya, jemuran pakaian yang basah jika ditempatkan di dalam ruangan tentu membuat kelembaban ruangan menjadi bertambah. Kelembaban udara yang bertambah  ini disebabkan oleh sisa air pada pakaian basah akan terserap udara di dalam ruangan. Hal ini tentu akan bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi penderita asma.

Dengan ruangan yang lebih lembab, maka jamur-jamur pun cenderung lebih mudah tumbuh dan berkembang. Ruangan yang lembab ini jika sering ditinggali manusia bisa memberikan masalah pada sistem imunitas tubuh dan memicu infeksi pada paru-paru dan area saluran pernafasan lainnya. Penderita asma juga beresiko akan semakin mudah mengalami sesak nafas sehingga asma pun cenderung lebih parah. Selain itu, tubuh juga beresiko terkena pulmonary aspergillosis, infeksi paru-paru yang bisa memicu sesak nafas, batuk berdarah, dan juga kerusakan fatal pada organ paru-paru.

Baca Juga:  Faktor Penyebab Lupus

Ada baiknya kita menjemur pakaian di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik atau setidaknya jarang ditempati manusia. Garasi yang sudah kosong karena kendaraan dipakai oleh semua orang bisa dipakai sebagai tempat jemuran pakaian cadangan. Jika tidak, kita bisa menambah atap di area halaman sehingga kita tetap bisa menjemur pakaian di luar ruangan tanpa takut terkena resiko terkena hujan. Jangan paksakan untuk menjemur pakaian di ruangan-ruangan layaknya ruang keluarga atau dekat dengan kamar tidur karena bisa memberikan resiko penyakit yang cukup tinggi.