Menjelang Menstruasi, Siapkan Makanan-Makanan Penambah Mood Ini

DokterSehat.Com– Fase premenstrual syndrome atau PMS adalah masa yang sangat tidak menyenangkan. Tak hanya tubuh yang terasa tidak karuan, mood wanita di fase ini juga bisa menjadi tidak stabil sehingga membuat mereka lebih sensitif dan emosional. Sebelum mengalami mood yang berantakan di fase PMS, pakar kesehatan menyarankan kaum hawa untuk mempersiapkan berbagai makanan yang bisa menstabilkan suasana hati seperti sebagai berikut.

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntu

Cokelat yang bisa membuat pikiran tenang
Pilihlah cokelat yang memiliki kadar gula yang paling rendah. Cokelat ini biasanya kaya akan kandungan antioksidan yang jika dikonsumsi akan mampu merangsang tubuh dalam melepas hormon serotonin, hormon yang bisa membuat kita lebih berbahagia. Kandungan magnesium di dalam cokelat juga bisa menstabilkan suasana hati.

Buah pisang dan nanas yang baik bagi kesehatan usus
Pisang adalah buah terbaik untuk dikonsumsi saat menstruasi. Kandungan potasiumnya bisa membantu meningkatkan mood. Selain itu, pisang juga bisa melancarkan pergerakan usus sehingga perut pun bisa menjadi lebih nyaman. Sementara itu, buah nanas sangat baik untuk menjaga kesehatan peredaran darah.

Ikan salmon yang mampu mengatasi kram
Kandungan asam lemak omega 3 di dalam ikan salmon bisa meredakan kram otot sekaligus membuat suasana hati membaik. Beberapa makanan lain yang kaya akan asam lemak ini seperti kedelai atau kacang kenari juga sangat direkomendasikan.

Teh jahe yang menenangkan perut
Teh biasa yang memiliki kandungan kafein memang sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat haid karena bisa membuat tubuh semakin tidak karuan. Namun, teh jahe atau chamomile mampu mengatasi mual-mual dan perut kembung yang kerap terjadi saat menstruasi.

Sayuran yang membantu tubuh lebih rileks
Sayuran hijau seperti bayam kaya akan kandungan zat besi, kalsium, potassium, serta magnesium yang bisa membantu tubuh lebih rileks sehingga tidak mudah tegang saat menstruasi.