Menjelang Idul Adha, Ada Baiknya Kita Mencegah Naiknya Kadar Kolesterol

DokterSehat.Com – Menjelang hari raya Idul Adha yang akan jatuh pada Senin depan, 11 September 2016, kita tentu akan dengan mudah melihat penjual kambing, sapi, atau bahkan kerbau yang memang akan dikurbankan sebagai salah satu ritual tahunan yang dilakukan oleh umat Muslim. Hari raya Idul Adha juga akan membuat banyak orang mengkonsumsi makanan khas Lebaran yang memang cukup banyak mengandung daging-dagingan dan juga santan sehingga kita pun akan mengkonsumsi kolesterol dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini tentu akan kurang baik bagi kesehatan mengingat kolesterol tinggi bisa memicu banyak sekali penyakit berbahaya. Namun, tentu akan kurang nikmat jika hari lebaran tidak dilalui dengan menikmati makanan-makanan tersebut bukan?

doktersehat-daging-merah-gagal-ginjal-picu-obesitas

Pakar kesehatan dr. Nina Amelia gunawan menyebutkan jika kita harus mewaspadai makanan dengan kandungan kolesterol tinggi mengingat kadar kolesterol jahat ini akan cenderung tidak ikut larut dalam darah dan bisa menyebabkan penumpukan plak dan lemak pada pembuluh darah. Jika hal ini terjadi, maka sirkulasi darah pun menjadi terhambat dan berbagai organ akan mengalami penurunan fungsinya. Tak hanya itu, andai penumpukan plak pada pembuluh darah ini semakin banyak, maka dikhawatirkan akan terjadi pengerasan pada pembuluh darah atau yang disebut sebagai atherosclerosis yang pada akhirnya membuat serangan jantung atau stroke, penyakit yang sangat berbahaya dan bahkan mematikan.

Dr. Nina pun menyarankan kita untuk membatasi konsumsi daging-dagingan, khususnya daging merah dan makanan yang kaya akan lemak layaknya opor, semur, dan lain sebagainya saat Hari Raya Idul Adha Senin depan. Andaipun kita ingin mencoba makanan-makanan ini, ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya terlalu banyak apalagi jika kita mengkonsumsinya hampir di setiap kali makan besar. Pastikan bahwa kita juga tetap menyantap makanan sehat layaknya sayuran dan buah-buahan layaknya timun yang bisa menyeimbangkan konsumsi kolesterol pada saat Idul Adha sehingga kita pun akan terhindar dari lonjakan kolesterol jahat di dalam tubuh.