Menjelang Akhir Masa Kehamilan, Ibu Hamil Sebaiknya Mulai Mengkonsumsi Daun Katuk

DokterSehat.Com – Menjelang proses persalinan, yang biasanya akan terjadi pada sekitar minggu 40 kehamilan, ibu hamil tentu akan mengalami rasa gugup dan cemas karena akan melakukan proses yang luar biasa. Ada sebagian ibu yang bahkan mengalami stres menjelang proses ini sehingga mengalami penurunan nafsu makan. Padahal, ibu hamil tentu harus tetap menjaga asupan makanan yang sehat setiap hari demi kesehatan tubuhnya dan kesehatan bayi yang dikandungnya. Pada fase akhir kehamilan, ada baiknya ibu juga mulai mengkonsumsi daun katuk karena daun ini diyakini mendukung produksi ASI yang nantinya sangat dibutuhkan oleh bayi setelah lahir.

doktersehat-kehamilan-hamil-sayur-makanan

Pakar kesehatan menyebutkan jika daun katuk sudah dikenal luas sejak dahulu kala oleh masyarakat sebagai bahan makanan yang akan membantu produksi ASI tetap melimpah. Di dalam daun katuk ini, kita bisa menemukan kandungan baik layaknya steroid dan juga polifenol yang ternyata mampu meningkatkan kadar prolaktin dalam tubuh ibu. Dengan kadar prolaktin yang cukup tinggi, maka produksi ASI pun bisa menjadi lebih lancar dan tetap melimpah.

Selain memperlancar produksi ASI, jurnal berjudul Asian Journal of Chemistry juga menyebutkan jika daun katuk memiliki manfaat lain bagi kesehatan ibu dan bayinya. Dalam jurnal ini diketahui bahwa daun katuk sangat kaya akan kandungan zat besi, kalsium, serat, protein, fosfor, efedrin, dan berbagai vitamin layaknya vitamin A, vitamin B, dan juga vitamin C yang sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh.

Selain mudah didapatkan, daun katuk juga sangat mudah untuk diolah. Kita bisa dengan mudah merebusnya atau menjadikannya sup dan tinggal dikonsumsi layaknya makanan pada umumnya. Dengan mulai rutin mengkonsumsi daun katuk di fase akhir kehamilan, ibu pun tidak perlu khawatir akan produksi ASI-nya karena sudah ada bahan makanan yang akan mendukung kelancaran dan melimpahnya ASI yang akan mendukung tumbuh kembang bayi menjadi optimal.