Menjaga Tubuh Ideal Mulai dari Tempat Tidur

DokterSehat.com. Tidur cukup dan teratur setiap malam ternyata memiliki berbagai manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga akan berdampak pada berat badan Anda. Tidur maksimal selama delapan jam adalah jumlah yang disarankan. Namun bukan berati Anda dapat tidur kapan saja, sesuai dengan kebutuhan aktivitas Anda.



Namun tubuh yang langsing dan ideal hanya akan Anda dapatkan dari kebiasaan tidur yang cukup dengan menjaga konsistensi dalam mengatur waktu tidur. Penemuan ini merupakan hasil penelitian terhadap 330 wanita selama beberapa minggu dengan menganalisa pola tidur dan komposisi tubuh dalam setiap harinya. Wanita dengan pola tidur yang teratur memiliki berat badan yang lebih ramping.

Sedangkan pada wanita yang memiliki fluktuasi bangun tidur kurang dari satu jam dalam setiap hari, memiliki lemak tubuh yang lebih sedikit jika dibanding dengan wanita yang memiliki pola tidur yang berubah-ubah dengan waktu yang berbeda, yaitu selisih lebih dari 90 menit. Dampak berbeda pun akan dihasilkan pada wanita yang memiliki konsisten waktu tidur, namun memiliki jam tidur kurang dari lima jam atau lebih dari 8 jam. Mereka justru memiliki lemak tubuh yang lebih banyak.

Sementara pola tidur yang buruk dapat mempengaruhi hormon yang berhubungan dengan nafsu makan yang berdampak pada lemak tubuh yang meningkat. Tubuh memiliki jam internal, sehingga jika disepelekan dan tidak sesuai dengan pola yang baik akan berdampak pada fisiologis.

Dengan demikian kebiasaan pola tidur yang konsisten sangat penting dibanding dengan durasi tidur untuk menentukkan lemak tubuh. Konsistensi waktu tidur akan berpengaruh besar pda perubahan fisiologi. Hal ini juga berhubungan dengan kondisi yang stres. Wanita dengan pola tidur yang tidak konsisten dapat terjadi pada kondisi kesibukan tinggi atau sedang mengalami stres.