Menjaga Tubuh agar Tetap Bugar di Kantor dengan 3 Cara ini

doktersehat-encok-sakit-punggung-hernia

DokterSehat.Com– Sebagai pekerja kantoran, tentunya Anda akan menghabiskan waktu seharian penuh dengan duduk dan berhadapan dengan komputer. Tentu saja kebiasaan tersebut sama sekali tidak sehat. Sebab, dengan terlalu lama duduk akan meningkatkan risiko datangnya berbagai macam penyakit. Selain itu, otak yang dituntut kerja keras seharian juga bisa menyebabkan gangguan psikis yang cukup hebat.

Tentunya Anda tidak ingin masalah kesehatan tersebut menyerang Anda bukan? Maka dari itu, ada baiknya bagi Anda yang berprofesi sebagai pekerja kantoran untuk tidak melakukan hal monoton seperti itu. Lakukanlah gerakan-gerakan ringan atau peregangan agar tubuh menjadi lemas dan tidak kaku. Selain itu, Anda juga harus menjaga asupan makanan yang baik dan benar.

Nah, berikut adalah adalah 3 cara melakukan peregangan bagi Anda pekerja kantoran.

1. Peregangan Leher

Dengan terus-menerus menghadap layar komputer, tentu saja leher Anda menjadi kaku dan terasa sedikit nyeri jika digerakkan. Maka dari itu lakukanlah peregangan leher sesekali. Praktiknya mudah, cukup dengan memutar dan menggelengkan kepala layaknya Anda sedang pemanasan sebelum olahraga. Cara ini terbilang cukup ampuh untuk melancarkan aliran darah pada area leher dan kepala. Lakukan sekitar 3 menit saja dan ulangi peregangan ini jika Anda merasa leher mulai kaku kembali.

2. Peregangan Bahu

Walaupun menggunakan kursi yang sangat nyaman dan empuk, tentu saja bahu Anda akan tetap terasa lelah dan kaku. Apalagi jika Anda jarang bersandar, maka kelelahan bahu akan semakin kerasa efeknya. Maka lakukanlah peregangan bahu dengan cara berdiri sambil menarik kedua tangan ke atas. Sembari menarik kedua tangan ke atas, tarik napas sedalam mungkin dan menghembuskannya perlahan. Lakukan gerakan ini secara rutin setidaknya 3 jam sekali dalam aktivitas kantor.

3. Peregangan Tangan

Sebagai pekerja kantoran yang selalu menggunakan tangan untuk mengetik dan melakukan serangkaian aktivitas kerja, tentunya seluruh sistem serta jaringan pada tangan Anda menjadi pegal. Biasanya rasa pegal ditandai dengan sensasi nyeri serta rasa berat. Nah, jika hal tersebut sudah dialami, maka hendaklah melakukan peregangan tangan dengan cara merentangkan tangan dan memutarnya secara perlahan.