Menjaga Kesehatan Usus Bisa Dilakukan Dengan Cara-Cara Berikut

DokterSehat.Com – Salah satu bagian dari sistem pencernaan yang sangat penting adalah usus. Bagaimana tidak, di usus inilah sari-sari makanan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh diserap. Jika usus mengalami masalah, maka penyerapan nutrisi makanan juga bermasalah dan akan berimbas langsung pada tubuh. Karena alasan inilah kita harus lebih baik dalam menjaga kesehatannya. Lantas, apa sajakah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan usus?

doktersehat-Apendisitis-Radang-Usus-Buntu

Pemilihan makanan menjadi hal yang krusial dalam menjaga kesehatan usus. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menerapkan pola makan yang sehat karena bisa memberikan dukungan pada pertumbuhan bakteri baik di dalam organ yang sebenarnya sangat panjang ini. Sebagai contoh, kita harus lebih membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat layaknya sayuran. Pakar kesehatan dr. Robynne Chutkan berkata jika konsumsi banyak sayur akan mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Kita bisa melakukan pola makan sayur 1:2:3 dimana saat sarapan kita bisa mengkonsumsi seporsi sayur, lalu bertambah menjadi dua porsi di makan siang, dan bertambah lagi menjadi tiga porsi di makan malam.

Agar usus semakin sehat, kita juga harus memberikan asupan karhobidrat yang cukup, khususnya dengan mengkonsumsi kentang rebus yang dikombinasikan dengan salad. Hanya saja, hindari asupan karbohidrat yang tidak sehat layaknya pada minuman bersoda karena hal ini justru akan menekan pertumbuhan bakteri baik pada usus. Alih-alih minuman tidak sehat ini, perbanyaklah asupan air putih yang lebih sehat.

Makanan berfermentasi layaknya keju dan yoghurt ternyata memiliki kandungan prebiotik yang sangat baik bagi kesehatan usus dan daya tahan tubuh. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan ini dengan rutin untuk mendukung bakteri baik pada usus.

Baca Juga:  Nikmati Kehamilan Muda dengan Tips Berikut

Perbaikan waktu makan juga diyakini mampu membuat kesehatan usus semakin terjaga. Tahukah anda, usus ternyata membutuhkan 12 jam waktu beristirahat setiap harinya. Hal ini berarti, akan sangat baik jika kita hanya makan pada 12 jam waktu kita aktif dalam sehari. Sebagai contoh, jika kita sarapan pagi pada jam 7 pagi, maka setelah jam 7 malam akan sangat tidak dianjurkan untuk makan, apalagi makan malam. Dengan usus yang mendapatkan waktu istirahat yang cukup, maka sistem pencernaan pun terjaga kesehatannya.