Menjaga Kesehatan Tulang dengan Karoten

DokterSehat.Com – Pada penelitian terbaru diketahui bahwa pewarna alami yang terdapat dalam tumbuhan dapat membantu menghindari kehilangan tulang pada pria dan wanita lanjut usia. penelitian yang dilakukan oleh ARS (Agricultural Research Service) yang dipublikasikan dalam jurnal online di The American Jurnal of Clinical Nutrition.

doktersehat-olahraga-sehat-20menit-tulang-punggung

Penelitian yang dilakukan oleh epidemiologist Katherine Tucker dan Jean Mayer dari USDA Human Nutrition Research Center on Aging (HNRCA) pada Tufts Unifersity di Boston, USA.

Penelitian-penelitian yang telah dilakukan secara konsisten menunjukan bahwa asupan buah dan sayuran baik untuk tulang. antioksidan biologis dalam buah dan sayur seperti karotenoid, melindungi sel dan jaringan dari kerusakan karena adanya radikal bebas yang ada dalam tubuh. Nutrisi tertentu dari tumbuhan dapat melindungi tulang dengan mengurangi paparan oksidasi dan mencegak penghancuran tulang atau penyerapan kalsium tulang oleh darah.

Peneliti tersebut memeriksa potensi pengaruh asupan beberapa senyawa karoten termasuk alpha karoten, beta karoten, beta cryptoxantin, lycopene dan lutein beserta zeaxantin secara individu atau gabungan terhadap kepadatan minerat yang terdapat pada tulang.

Penelitian dilakukan dengan pengamatan perubahan kepadatan mineral tulang pada tulang panggul dan tulang pinggang milik sukarelawan berumur rata-rata 75 tahun yang mengikuti program Framingham Osteoporosis Study. Diantara sukarelawan tersebut 213 laki-laki dan 390 wanita dipelajari selama 4 tahun.

Selama pengamatan 4 tahun tersebut, karoten dihubungkan dengan pencegahan kehilangan kepadatan mineral tulang pada tulang panggul pria dan tudalng pinggang pada manusia. Tidak ada pengaruh yang cukup signifikan pada tulang-tlang lainnya yang teramati.

Hasil penelitian ini mengungkapkan pengaruh protektif dari karoten terutama lycopene terhadap kerusakan tulang pada lanjut usia. Peneliti tersebut menyimpulkan bahwa ada karoten berpengaruh dalam perlindungan derhadap kerusakan tulang.

Baca Juga:  Nyeri Menelan? Awas Gejala Kanker Lidah

Untuk melihat kandungan karoten pada bahan pangan, dapat dilihat di ARS Nutrient Data Laboratory

Sumber: United States Department of Agriculture (Agricultural Research Service)