Menjaga Kesehatan Tubuh Meskipun Sering Duduk di Mobil

DokterSehat.Com – Masyarakat yang tinggal di kota-kota besar layaknya Jakarta tentu akan sudah terbiasa mengalami kemacetan luar biasa setiap harinya. Banyaknya manusia yang berusaha untuk mencapai tempat kerja atau tempat aktifitas bisa membuat kemacetan berlangsung sejak pagi buta. Banyak orang yang mengendarai mobil dari dan tempat kerja harus merelakan waktunya yang berharga untuk duduk dan menyetir mobil dalam waktu yang lama setiap harinya. Padahal, mereka yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk di belakang kemudi ternyata beresiko mendapatkan beberapa penyakit berbahaya layaknya pembekuan darah hingga masalah pada tulang belakang mengingat posisi duduk saat menyetir akan membuat punggung cenderung membungkuk. Apakah ada cara untuk tetap menjaga kesehatan tubuh meskipun sering berkendara dalam waktu yang lama?

doktersehat-naik-mobil-menyetir-traveling

Jawaban dari pertanyaan di atas ternyata adalah ada! Kita bisa tetap mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar meskipun sering mengemudi dalam waktu yang lama. Kuncinya adalah dengan mengatur cara dan posisi duduk kita di belakang kemudi. Sebagai contoh, kita harus memastikan bahwa kursi mobil sangat nyaman untuk digunakan dimana ukuran kursi harus cukup lebar dan cukup panjang untuk menopang kaki dan paha. Selain itu, perhatikan pula bahwa jarak kaki dan juga pedal cukup ideal sehingga posisi menyetir kita pun dalam kondisi yang paling rileks dan nyaman. Usahakan agar lekukan lutut saat menginjak pedal membuat kaki agak sedikit tertekuk namun tidak membuat rasa pegal atau tekanan yang terlalu besar.

Kursi mobil haruslah membuat tubuh kita mampu menjangkau banyak hal dengan mudah tanpa perlu membuat tubuh meregang terlalu jauh. Tangan akan mudah menjangkau dashboard panel dan juga setir mobil. Girboks dan juga pedal juga akan mudah digapai oleh tangan dan kaki tanpa membaut bahu menegang atau punggung atas terasa tidak nyaman. Pastikan bahwa kemiringan kursi kemudi juga ideal dan tearsa nyaman. Sudut 110 derajat biasanya menjadi kemiringan yang ideal dan paling sehat. Selain itu, usahakan agar kursi kemudi juga memiliki bantalan kepala yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan kepala dan leher sehingga kepala dan leher pun tidak akan terasa tegang dan mudah lelah meskipun mengemudi dalam waktu yang lama.