Menjaga Kesehatan Pencernaan Itu Mudah

DokterSehat.Com – Tanpa kita sadari, kita sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat sehingga membuat saluran pencernaan kita beresiko mengalami berbagai masalah. Sebagai contoh, kita sering mengkonsumsi makanan berlemak layaknya makanan cepat saji yang memang terasa enak namun kurang baik bagi kesehatan pencernaan. Selain konsumsi makanan yang kurang sehat, kita juga terkadang tidak melakukan pola makan yang sehat. Untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan pada saluran pencernaan, kita cukup melakukan hal-hal yang sederhana seperti sebagai berikut.

doktersehat-Enkopresis-Gastroenteritis-Peritonitis

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk menjaga saluran pencernaan tentu saja adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita sebaiknya mengkonsumsi banyak makanan berserat tinggi setiap harinya. Beberapa makanan layaknya gandum, kacang-kacangan, hingga sayur-sayuran layaknya wortel, paprika, dan juga buncis akan sangat baik bagi saluran pencernaan kita. Buah-buahan juga sebaiknya kita konsumsi setiap hari mengingat kadar seratnya yang tinggi. Dengan banyak mengkonsumsi makanan berserat, kita bisa menjaga saluran pencernaan dari masalah sembelit dan membuat badan terbebas dari masalah obesitas dan diabetes.

Pemilihan bahan makanan juga akan sangat krusial untuk kesehatan saluran pencernaan. Bahan makanan layaknya garam, gula, hingga tepung terigu ada baiknya mulai kita batasi dan kita konsumsi sesekali saja. Selain bisa membuat masalah kesehatan pada saluran pencernaan, ketiga bahan makanan tersebut juga berperan besar pada masalah tekanan darah tinggi atau obesitas. Selain mengurangi bahan-bahan makanan tersebut, ada baiknya kita juga mulai mengurangi makanan daging-dagingan. Daging yang kaya protein memang dibutuhkan oleh tubuh, namun, cobalah untuk mengkonsumsi daging dengan porsi yang tidak terlalu banyak agar kesehatan pencernaan bisa terjaga.

Baca Juga:  Konsumsi Teh Berlebihan Picu Sakit Tulang

Cara mengkonsumsi makanan juga sebaiknya kita perhatikan untuk membuat kesehatan pencernaan terjaga. Sebagai contoh, ada baiknya kita mulai mengkonsumsi makan dengan lebih perlahan sehingga saluran pencernaan pun bisa menyerap nutrisi dengan lebih baik dan mengurangi resiko terkena obesitas. Andaipun anda terburu-buru, jangan memaksakan untuk menelan makanan dengan sangat cepat. Selain itu, cobalah untuk berjalan sebentar setelah makan besar setidaknya lima hingga 10 menit untuk mencegah perut begah, kembung, hingga mulas-mulas. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup setelah makan untuk membuat proses pencernaan berlangsung dengan lebih lancar. Hindari pula kebiasaan merokok setelah makan karena bisa membuat masalah kesehatan yang berbahaya ke depannya.