Menjaga Kesehatan Pankreas Bisa Dilakukan Dengan Menjaga Asupan Makanan Sehari-hari

DokterSehat.Com – Jika kita membahas tentang kesehatan organ pencernaan, maka kita pun akan lebih sering membahas organ layaknya lambung, usus, atau bahkan hati. Beberapa organ pencernaan lain yang juga memiliki fungsi yang penting justru terabaikan, salah satunya adalah organ pankreas. Pankreas sendiri adalah organ pencernaan yang akan menghasilkan beberapa hormon yang berkaitan dengan proses pencernaan layaknya insulin, glucagon, somatostatin, atau bahkan polypeptida. Jika kita tidak menjaga kesehatan pankreas, bisa jadi kita akan mengalami nyeri pada perut yang disertai dengan demam, dan diare. Untuk mencegah hal ini, kita bisa menjaga kesehatan pankreas dengan memperhatikan apa saja yang kita makan.

doktersehat-Enkopresis-Gastroenteritis-Peritonitis

Pankreas ternyata bisa dijaga kesehatannya jika kita mengkonsumsi beberapa jenis sayuran dengan rutin. Sebagai contoh, kita bisa sering mengkonsumsi sayur brokoli kukus. Kandungan flavonoid atau apigenin di dalam brokoli ternyata bisa secara aktif memberikan perlindungan maksimal bagi pankreas. Sayuran lain yang bisa memberikan pelindungan pada pankreas adalah bayam. Bayam diyakini mampu mencegah penyakit kanker pankreas dengan efektif. Sayuran lain yang juga akan sangat baik bagi pankraes adalah jamur mengingat adanya kandungan serat, vitamin D2, potasium, dan juga selenium.

Selain sayuran, beberapa jenis buah-buahan layaknya buah cherry juga sangat baik untuk mencegah kanker pankreas. Kandungan anti oksidannya yang sangat tinggi diyakini sangat baik bagi kesehatan pankreas. Hanya saja, pastikan bahwa cherry yang kita makan adalah yang tidak terkontaminasi pestisida. Selain cherry, ubi jalar juga akan menjaga pankreas dengan baik mengingat kandungannya akan membantu perlindungan pada sistem pencernaan dan juga mendukung pelepasan gula dalam tubuh.

Yoghurt juga bisa kita konsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan pankreas. Pakar kesehatan berkata jika konsumsi yoghurt dengan rutin akan membuat bakteri tetap seimbang pada tubuh sehingga resiko terkena sakit pankreas dan gangguan pencernaan pun bisa ditekan dengan signifikan.