Menjaga Kesehatan miss V Selama Fase Menstruasi

DokterSehat.Com – Miss V atau organ vital wanita tentu harus dijaga kebersihan dan kesehatannya dengan baik. Bagaimana tidak, organ vital ini memiliki peran besar dalam proses reproduksi dan jika kita menyepelekan kesehatannya, maka berbagai penyakit atau juga munculnya bau tidak sedap bisa terjadi. Sebuah pertanyaan pun kemudian muncul dimana setiap bulannya wanita tentu akan mengalami siklus menstruasi dimana akan ada banyak darah kotor keluar dari miss V wanita. Dengan kondisi ini, lantas bagaimana cara agar kesehatan dan kebersihan miss V tetap terjaga selama proses menstruasi ini tetap berlangsung.

doktersehat-sakit-perut-mulas-Infeksi-Saluran-Kemih -isk

Pakar kesehatan menyarankan para wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi untuk rajin-rajin mengganti pembalutnya. Saat siklus menstruasi tiba, produksi bakteri pada area sekitar miss V akan cenderung meningkat karena meningkatnya kelembaban hingga perubahan pH sehingga resiko miss V terkena infeksi juga akan ikut meningkat. Dengan rutin mengganti pembalut, maka perkembangan bakteri maupun jamur bisa lebih ditekan sehingga resiko terkena infeksi pun menurun.

Miss V juga harus diperhatikan kebersihannya dengan baik, khususnya saat mandi. Sabun batangan ataupun sabun cair biasa sangat tidak direkomendasikan digunakan pada miss V saat siklus menstruasi tiba. Gunakanlah sabun pembersih miss V yang khusus dengan pH seimbang 3,5 – 4,5 yang akan membuat perkembangan bakteri pada miss V bisa dihambat dan bau tidak sedap pun urung muncul. Selain itu, andai kita buang air kecil, maka ingatlah untuk membasuh miss V dengan bersih menggunakan air dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Dengan melakukan hal ini, kita akan menghindari resiko terkena bakteri yang berpindah dari area anus ke vagina.

Yang tidak boleh kita lupakan tentu saja adalah kita harus memakai celana dalam yang nyaman selama proses menstruasi berlangsung. Dengan celana dalam yang menyerap keringat dan tidak mudah lembab, maka perkembangan bakteri pun menjadi tetap terkendali dan kesehatan miss V pun tetap terjaga.