Menjaga Kesehatan Mental

DokterSehat.Com – Selama ini orang hanya memprioritaskan kesehatan secara fisik, sehingga mereka rela mengeluarkan kocek untuk memastikan tubuhnya sehat secara fisik.

15

Padahal, kesehatan mental juga sangat dibutuhkan manusia agar membuat hidupnya berjalan lancar dan tidak terhimpit beban pikiran yang berlebihan, yang pada akhirnya juga memengaruhi kesehatan fisik Anda.

Cara menjaga kesehatan mental seseorang bukan hanya sekedar memastikan pikiran Anda sehat saja dan bisa menilai sesuatu secara rasional, kesehatan mental bisa dilatih bukan hanya dari kemampuan Anda menafsirkan sesuatu, namun juga melalui aktivitas pikiran yang bisa membuatnya tetap berpikir sehat.

Kesehatan mental yang baik ditandai dengan :

  1. Kemampuan individu mengetahui potensinya dan memaksimalkan potensi tersebut
  1. Kemampuan individu mengatasi situasi menekan yang dihadapinya
  1. Kemampuan individu untuk bekerja secara produktif dan bermanfaat di tempat kerja, keluarga, komunitas, dan di antara teman

Kesehatan mental merupakan hal yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Keduanya harus sama-sama dijaga.  Dalam hidup, kita memiliki masa-masa dimana kita merasa tertekan, sedih, atau takut. Seringkali perasaan itu hilang sejalan dengan selesainya permasalahan yang kita hadapi. Namun terkadang perasaan itu berkembang menjadi masalah yang lebih serius. Hal itu bisa terjadi pada salah satu dari kita. Setiap individu memiliki cara yang berbeda dalam mengatasi setiap masalah yang dihadapinya. Ada yang bisa bangkit kembali dari kemunduran sementara ada orang lain yang mungkin merasa terbebani oleh itu untuk waktu yang lama.

Kesehatan mental yang kita miliki tidak selalu sama. Dapat berubah karena adanya perubahan lingkungan serta kita yang terus bergerak melewati tahapan kehidupan yang berbeda. Dengan adanya perubahan tersebut, maka kita diharapkan mampu untuk tetap menjaga agar memiliki kesehatan mental yang baik. ara praktis yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan mental kita :

  1. Menerima dan menghargai diri sendiri
    Setiap individu itu berbeda dan unik, namun satu hal yang sama adalah tidak ada individu yang sempurna. Hargai diri kita sendiri. Kenali dan terima kelemahan yang kita miliki, namun fokuslah pada hal-hal yang menjadi kelebihan kita.  Bersikaplah lebih realistis terhadap hal-hal yang masih ingin kita ubah dalam diri kita. Jika hal tersebut dapat diubah, cobalah untuk mengubahnya secara perlahan.
  1. Menjaga hubungan baik
    Tidak perlu berjuang sendirian saat kita menghadapi suatu masalah. Hubungan keluarga dan teman yang baik dapat membantu mengatasi tekanan dalam hidup karena dapat memberikan masukan serta membuat kita merasa diperhatikan. Tetaplah menjaga hubungan baik dengan selalu bertukar kabar lewat telepon, bertemu, dan saling bercerita.
  1. Aktif berkegiatan
    Aktiflah bertemu dengan banyak orang dan tergabung dalam kegiatan baru di lingkungan. Masuklah dalam komunitas, atur pertemuan dengan teman-teman, atau ikuti kursus yang dapat membantu kita untuk merasa lebih baik. Ikut kegiatan yang bertujuan membantu orang lain juga dapat membuat kita merasa dibutuhkan dan menjadi semakin berharga. Hal ini membuat kepercayaan diri semakin meningkat. Aktivitas seperti ini juga membantu kita melihat dunia dari pandangan yang berbeda sehingga membantu melihat masalah dari sudut pandang yang lain.
  1. Latih pikiran dan otak Anda
    Seperti halnya Anda perlu untuk merelaksasi otak dan pikiran Anda, maka Anda juga perlu melatihnya agar tetap sehat. Untuk itu, Anda perlu secara rutin melatihnya bisa dengan melakukan permainan atau komunikasi yang memicu intelegensia melalui diskusi dengan rekan Anda.
  1. Olahraga rutin
    Fisik dan mental terhubung dengan tubuh Anda. Mungkin Anda kadang heran kenapa tiba-tiba tubuh Anda terasa segar setelah berkeringat di gym. Alasannya karena adanya pelepasan hormon revitalisasi dalam kegiatan tersebut.
  1. Konsumsi makanan sehat
    Makanlah makanan yang sehat seperti sayuran hijau, ikan, dan makanan yang mengandung nutrisi lainnya. Hindari makanan lemak tinggi yang membuat Anda mudah gemuk. Namun sesekali biarkan tubuh Anda mengonsumi makanan yang mengandung lemak dan tinggi.
  1. Tidur nyenyak
    Tidur adalah hal pentinng unutk membuat Anda tetap segar sepanjang siang hari. Meskipun Anda tidak bisa tidur nyenyak, usahakan baringkan tubuh Anda dan biarkan istirahat sesaat di atas tempat tidur tanpa melakukan aktivitas apapun.
  1. Rutin cek kesehatan
    Jika Anda sedang dalam masa perawatan kesehatan, jangan pernah lupakan meminum obat Anda, apakah itu obat anti depresan atau jenis obat-obatan lainnya. Jika fisik sakit, biasanya akan memengaruhi kesehatan mental juga.
  1. Hindari stres
    Stres berlebihan bisa memengaruhi kesehatan mental Anda. Jika Anda tengah mengalami masalah, maka temuilah seseorang untuk diajak bicara tentang masalah tersebut. Jangan disimpan sendiri yang bisa membuat Anda kepikiran dan tertekan. (magforguys)