Menjaga Kesehatan Hidung

DokterSehat.Com – Banyak dari kita yang rajin melakukan pembersihan pada area gigi dan mulut dengan cara melakukan sikat gigi setidaknya dua kali sehari. Disamping itu, area teling juga sering kita bersihkan dengan cotton bud agar kotoran di telinga bisa dikeluarkan. Sayangnya, untuk area hidung, kita justru kerap kali membiarkannya begitu saja dan hampir sama sekali tidak mendapatkan perawatan khusus atau dibersihkan. Padahal, jika dibandingkan dengan lubang lain di kepala, hidung memiliki peran yang sangat penting karena melakukan pernafasan yang harus dilakukan setiap saat tanpa henti. Hidung pulalah yang menjadi benteng kita dari berbagai masalah polusi udara dan juga kuman. Untuk memastikan hidung tetap dalam kondisi yang baik, kita bisa menjaga kebersihan hidung dengan beberapa trik sederhana sebagai berikut.



Jika kita menyayangi hidung kita, kita harus sebisa mungkin menghindarkan hidung dari berbagai masalah polusi udara. Jika anda tinggal di kota besar dimana udara sudah sangat tercemar dengan berbagai polusi dari asap kendaraan bermotor dan juga dari pabrik-pabrik, maka ada baiknya anda memakai masker saat berada di luar rumah, khususnya jika anda memakai kendaraan bermotor.

Meskipun terkesan sepele, namun ada baiknya kita bisa mengurangi kebiasaan buruk berupa mengorek kotoran keras di hidung atau bahkan menggosok hidung dengan keras. Kegiatan ini bisa jadi akan membuat hidung mudah terluka dan terinfeksi sehingga saluran pernafasan pun menjadi terganggu.

Saat berada di dalam rumah, anda juga bisa memakai peralatan yang disebut sebagai pelembab udara atau penjernih udara di dalam rumah, khususnya di area kamar tidur anda dimana anda tentu ingin beristirahat dengan total dan sehat. Alat penjernih udara yang kerap disambung dengan air conditioner ini bisa membuat hidung dan alat pernafasan bekerja dengan lebih santai dan juga lebih rileks.

Baca Juga:  Mengenal Penyakit Insomnia Fatal

Untuk memastikan hidung tetap dalam kondisi baik, ada baiknya anda juga tidak merokok dan juga sebisa mungkin menjauhi asap rokok. Asap rokok bisa sangat berbahaya jika dihirup meskipun yang bersangkutan tidak merokok. Beberapa trik di atas tentu cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Hidung yang sehat pun membuat paru-paru anda menjadi semakin sehat.