Menjaga Kesehatan Gusi Itu Mudah, Kok

DokterSehat.Com – Kebanyakan masyarakat memiliki kecenderungan untuk menjaga kesehatan gigi dengan lebih baik alih-alih ikut menjaga kesehatan gusi. Padahal, gusi yang merupakan pondasi dari struktur gigi juga harus diperhatikan kesehatannya karena jika terjadi kerusakan, maka kesehatan mulut secara keseluruhan bisa terganggu. Gusi yang jarang dirawat rentan mengalami pembengkakan atau gusi berdarah yang bisa memicu penyakit lain yang berbahaya. Kita tentu harus rajin-rajin menjaga kesehatan gusi dengan melakukan beberapa tips sederhana seperti sebagai berikut.

doktersehat-sakit-gigi-sariawan-lubang

Membersihkan gigi memiliki kaitan erat dengan menjaga kesehatan gusi kita. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk melakukan pembersihan gigi dengan teknik yang benar dan frekuensi yang sesuai, yakni setidaknya dua kali sehari sebelum tidur dan setelah makan. Selain itu, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk rutin membersihkan gigi dengan benang gigi sehingga berbagai sisa makanan yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi bisa dihilangkan. Gigi yang bersih diyakini mampu meminimalisir masalah kesehatan pada gusi.

Menjaga kesehatan gusi juga berarti kita harus lebih baik dalam memilih makanan atau minuman yang kita konsumsi setiap hari. Makanan yang bergizi dan kaya akan kalsium dan vitamin C sangatlah direkomendasikan untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi. Selain itu, ada baiknya kita menghindari makanan yang terlalu panas atau dingin, apalagi jika kita mengkonsumsinya bersamaan. Selain bisa merusak lapisan luar gigi, makanan-makanan ini juga bisa berpengaruh langsung pada kesehatan gusi kita. Cobalah untuk meminum air putih dengan jumlah yang cukup dalam sehari untuk membantu pembersihan sisa makanan dan jumlah bakteri pada mulut yang berpotensi merusak gigi dan gusi.

Menjaga kesehatan gusi juga berarti kita harus menghindari rokok, apapun jenisnya. Rokok memiliki berbagai kandungan beracun yang memiliki potensi merusak kesehatan gigi, gusi, dan mulut secara keseluruhan. Selain itu, ada baiknya kita juga banyak-banyak menghindari stress karena jika kita mengalami stress, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan dan resiko mendapatkan masalah pada gusi pun meningkat.