Menjaga Kesehatan Gigi Bisa Membuat Kita Mencegah Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Banyak orang yang masih menyepelekan kebersihan giginya. Sebagai contoh, kita malas untuk menyikat gigi sebelum tidur dengan alasan malas atau bahkan ketiduran. Padahal, dengan menjaga kebersihan gigi, kita tak hanya akan mencegah munculnya masalah gigi dan mulut layaknya gigi berlubang, namun juga bisa mencegah munculnya penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung hingga stroke. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-serangan-jantung-heart-attack

Pakar kesehatan dr. Aseem Malhotra dari Amerika Serikat menyebutkan jika ada kaitan erat antara kesehatan gigi dengan penyakit jantung. Ia bahkan menuturkan jika ada penelitian yang dilakukan untuk mempelajari kaitan ini dimana para peneliti mencoba memakai pasta gigi khusus yang diyakini bisa menghilangkan plak pada gigi dua kali lebih baik dibandingkan dengan pasta gigi biasa. Hasilnya adalah, para partisipan yang memakai pasta gigi khusus ini ternyata mengalami perunan peradangan pada tubuhnya hingga 29 persen. Angka ini ternyata tidak terlalu jauh dengan persentase penurunan peradangan pada tubuh yang didapatkan andai kita mengkonsumsi statin atau obat penurun kadar kolesterol tubuh, yakni 37 persen.

Menurut dr. Aseem, hasil penelitian ini mendukung fakta yang sudah diketahui sebelumnya yakni mereka yang terkena sakit gusi akan cenderung lebih mudah terkena sakit jantung. Hal ini berarti, andai kita lebih baik dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut, maka resiko untuk terkena penyakit mematikan ini juga menurun.

Pakar kesehatan lainnya dari University of Sheffield benama dr. Tim Chico menyebutkan jika ada baiknya kini kita menjaga rutinitas membersihkan gigi setiap harinya dan juga tetap rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter. Selain itu, cobalah untuk menurunkan konsumsi gula agar kita tidak mudah terkena masalah pada gigi yang bisa berimbas pada mudahnya kita terkena penyakit jantung.